nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bermasalah, 163 TKI Dideportasi dari Malaysia

Muhammad Bunga Ashab, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 02:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 29 340 2061587 bermasalah-163-tki-dideportasi-dari-malaysia-vx3tzgnkr3.jpg Ratusan TKI bermasalah dideportasi dari Malaysia (Foto: Imigrasi)

TANJUNGPINANG - Lagi-lagi tenaga kerja Indonesia (TKI) bermasalah dideportasi dari Malaysia lewat Pelabuhan Intenasional Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Selasa (28/5/2019). TKI yang dideportasi berjumlah 163 orang, di antara mereka ada lima anak perempuan.

"Tadi sore kita ada terima deportasi TKI bermasalah dari Malaysia sebanyak 163 orang teridiri dari laki-laki 104 orang, perempuan 54 orang dan Anak Perempuan 5 orang," kata Kepala Pemeriksa Keimigrasian Pelabuhan SBP Tanjungpinang Daniel Maxrinto.

Daniel mengatakan, deportan tersebut berangkat dari Pelabuhan Pasir Gudang, Johor Bahru, Malaysia menggunakan kapal carter MV. Gembira-3. Dia menuturkan, dari hasil pemeriksaan bahwa alasan Imigrasi Malaysia melakukan penangkapan dan penahanan hingga dipulangkan kembali ke Indonesia karena para TKI didapati bekerja tanpa izin resmi (ilegal) dan berpindah sponsor kerja. Mereka dipulangkan setelah menjalani masa hukuman masing-masing.

Ilustrasi

"Jadi saat mereka diamankan pihak Imigrasi Malaysia tidak dapat menunjukkan paspor saat di razia, over stay, dan ditangkap saat tiba di daratan Malaysia secara diselundupkan," ujar Daniel.

Dikatakannya, rata-rata TKI bermasalah itu berasal dari daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Utara dan daerah lainnya. Selanjutnya, para TKI itu langsung diserahkan ke Dinas Sosial melalui Rumah Perlindungan Trauma Center (RPTC) Tanjungpinang untuk segera dipulangkan ke daerah asal masing-masing.

"Tadi satu orang ada yang sakit, langsung diperiksa Karantina Kesehatan Pelabuhan. Sakitnya hanya kelelahan saha, tidak ditemukan ada penyakit menular," kata Daniel.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini