nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspada Titik Rawan Longsor di Jalur Mudik Riau-Sumbar Berikut Ini

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Rabu 29 Mei 2019 11:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 29 340 2061690 waspada-titik-rawan-longsor-di-jalur-mudik-riau-sumbar-berikut-ini-kJwljh0GtM.jpg Ilustrasi.

RIAU - Mendekati mudik Lebaran, Polres Kampar melakukan sosialisasi kepada pemudik agar memahami rute rawan longsor. Ada beberapa titik jalur rawan longsor di jalur lintas barat yang menghubungkan Provinsi Riau dengan Sumatera Barat (Sumbar).

"Jalur lintas barat yang rawan longsor adalah di KM 78 sampai KM 80 di Desa Merangin, Kecamatan Kuok," kata Kasat Lantas Polres Kampar, Fauzi, Rabu (29/5/2019).

Fauzi menambahkan, di Kecamatan XIII Koto Kampar juga ada beberapa titik rawan longsor, yakni di KM 87.108, dan kilometer 109."Daerah rawan longsor terutama saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi," ujarnya.

Foto: Banda H Tanjung/Okezone

Selain itu, juga jalur utama yang menghubungkan Riau dengan Sumbar juga rawan macet, seperti di KM 16 Batas Kota Pekanbaru dengan Kecamatan Tambang, Kampar. Pasalnya di sana sedang ada semenisasi jalan yang belum rampung.

(Baca juga: Berikut 12 Titik Rawan Banjir dan Longsor di Jalur KA Madiun)

“Daerah rawan macet lain adalah Pasar Kampar, biasanya terjadi di hari Minggu. Kondisinya hampir sama dengan Pasar Danau Bingkuang, dan kadang kala cenderung lebih sering timbul kemacetan karena adanya penyempitan badan jalan pada jembatan dekat lokasi pasar ini," ujarnya.

Wilayah lain yang dinyatakan rawan macet adalah Pasar Kuok di Kecamatan Kuok, objek wisata Ulu Kasok hingga KM 68 Desa Kuok. "Ada juga Pasar Air Tiris di Kecamatan Kampar juga rawan macet. Untuk daerah yang rawan macet selain itu kita imbau kepada para pengguna jalan diharapkan bersabar saat melewati lokasi-lokasi keramaian dengan tidak mengambil jalur sebelah kanan yang akan memperparah keadaan," ujarnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini