Antrean Kendaraan Mengular di Gerbang Tol Palimanan

Fathnur Rohman, Okezone · Kamis 30 Mei 2019 14:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 30 525 2062173 antrean-kendaraan-mengular-di-gerbang-tol-palimanan-CZUzsoOtm8.jpg Padatnya antrean kendaraan di Gerbang Tol Palimanan (Foto: Fathnur Rohman)

CIREBON - Para pemudik yang dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur, sudah mulai memadati Gerbang Tol (GT) Palimanan, Tol Cipali, Kamis (30/5/2019) siang. Mayoritas kendaraan tersebut didominasi oleh plat B.

Guna mengatasi penumpukan kendaraan di jalan tol, sistem one way atau satu arah dari Cikarang hingga Brebes diberlakukan sejak pukul 08.00 WIB. Namun, berdasarkan pantauan langsung yang dilakukan Okezone, di GT Palimanan Tol Cipali, kepadatan atau penumpukan antrean kendaraan di GT Tol Cipali tetap terjadi.

Bahkan, antrean penumpukan kendaraan tersebut mengular hingga sepanjang 1 kilometer lebih. (Baca Juga: Pemprov DKI Gelontorkan Rp14 Miliar untuk Program Mudik Gratis)

Gerbang Tol Palimanan 

Vice Presidential Director PT Lintas Marga Sedaya, Firdaus Azis, selaku pengelola Tol Cipali mengatakan, pada H-6 Lebaran ini, trafik kendaraan mengalami peningkatan sekira 18% hingga 19% dibandingkan tahun lalu. Ia tetap meyakini kemacetan masih bisa diatasi oleh petugas.

"Hari ini di Shift 1, kendaraan yang sudah melintasi Gerbang Tol Palimanan mencapai 72 ribu kendaraan per jam," ujarnya kepada wartawan.

Azis menuturkan, antrean kendaraan hari ini masih belum mencapai puncaknya. Ia memprediksi, kendaraan yang melintas di GT Palimanan Tol Cipali bisa mencapai angka 100 ribuan.

Disampaikan Azis, jika dari H-10 hingga H-6 Lebaran, total keseluruhan kendaraan yang sudah melintas di Tol Cipali mencapai 188ribu, dengan persentase 80% hingga 90% kendaraan dari arah Jakarta.

(Baca Juga: H-6 Lebaran, 100 Ribu Pemudik Sudah Berangkat dari Stasiun Pasar Senen

Gerbang Tol Palimanan

Azis mengaku, kalau peningkatan tersebut disebabkan oleh adanya tol trans Jawa, sehingga banyak masyarakat yang ingin mencobanya. Selain itu, orang-orang lebih memilih bermudik menggunakan kendaraan pribadi, dan melintas ke jalan tol karena moda transportasi massal yang mahal.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini