nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KSP: Pancasila Tetap Jadi Pemersatu Seluruh Elemen Bangsa

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Sabtu 01 Juni 2019 22:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 01 337 2062942 ksp-pancasila-tetap-jadi-pemersatu-seluruh-elemen-bangsa-IfhTbqZGxJ.jpg

JAKARTA - Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Komunikasi dan Desiminasi Informasi, Eko Sulistyo meyakini bahwa Pancasila masih menjadi ideologi pemersatu seluruh elemen masyarakat Indonesia.

Meskipun, situasi pada akhir-akhir ini masyarakat Indonesia menghadapi polarisasi yang sangat kuat sepanjang massa Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Hal tersebut disampaikan oleh Eko Sulistyo dalam diskusi Polemik MNC Trijaya yang bertemakan "Rehat Sejenak Untuk Memaknai Kelahiran Pancasila" di D'Consulate, Jakarta Pusat.

MNC Trijaya

"Dalam konteks kekinian tentu pancasial masih tetap dan dimaknai sebagai rumah yang terbuka. Hampir setahun lalu kita dihadapkan dengan politik yang panjang, tapi saya yakin semua bisa diselesaikan," ungkap Eko pada Sabtu (1/6/2019).

Eko pun mengungkapkan bahwa Pancasila juga memberikan ruang kepada setiap warganya dalam memberikan kritik terhadap Pemerintah. Pasalnya, kekebasan dijamin oleh Konstitusi Indonesia, tetapi kebebasan itu tidak boleh melanggar peraturan yang berlaku.

"Kebebasan menyampaikan pendapat bukan sesuatu yang absolut," tambahnya.

(Baca Juga: Jokowi: Pancasila adalah Rumah bagi Seluruh Komponen Bangsa)

Lebih lanjut, Eko juga mengkritik sikap pihak oposisi yang kerap memberikan kritikan terhadap Pemerintahan Jokowi-JK. Ia menilai, kebebasan ekspresi dan menyampaikan pendapat pihak oposisi saat ini, sudah mengarah pada ujaran kebencian.

"Tidak bisa menggunakan kebebasan secara absolut, disitu ada ruang negara menangkal atau memenjarakan sesorang yang menggunakan ujaran kebencian atau SARA," tutup Eko.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini