Menengok Kerja Polisi di Tanjakan Ekstrem di Jalur Alternatif Jawa Timur

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 04 Juni 2019 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 04 519 2063686 menengok-kerja-polisi-di-tanjakan-ekstrem-di-jalur-alternatif-jawa-timur-jlSrYF1EY5.jpg Foto: Avirista/ Okezone

TUBAN - Ekstrimnya medan di tanjakan Sigro yang merupakan jalur alternatif menuju Provinsi Jawa Timur melalui Cepu Blora yang di Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban, kepolisian mendirikan posko darurat dilengkapi dengan alat - alat pengganjal mobil.

Kapolsek Senori AKP Musa Bakhtiar menyebut bila tanjakan ekstrem di wilayah Desa Banyu Urip, Senori ini kerap kali memakan korban jiwa lantaran kendaraan yang tak kuat menanjak.

"Jadi kita antisipasi supaya tidak terjadi kecelakaan lalu lintas, kita siagakan anggota di lokasi untuk membantu warga yang mengalami kesulitan saat di tanjakan, biasanya kita bawa balok kayu untuk ganjal ban," beber Musa ditemui Okezone, Selasa (4/6/2019).

 Polisi ganjal mobil

Menurutnya, banyak kendaraan yang tak kuat menanjak karena kemiringan jalan alternatif ini. Selain karena cukup miring, jalan di wilayah ini juga cukup berliku - liku dengan terdapat jurang di kiri kanannya lantaran wilayah yang berada di perbukitan.

"Kita dan anggota siap selalu sediakan kayu untuk ganjal ban. Itu juga yang menjadi senjata kami, kalau kendaraan tidak kuat naik kita dorong ramai - ramai supaya bisa menanjak," jelasnya.

Dirinya pun mengimbau masyarakat yang melintasi jalur alternatif ini untuk mengecek kembali kesiapan kendaraannya, selain itu saat melintas pergunakan gigi satu.

"Kalau terlambat mengurangi gigi presneleng mobil jelang akan melorot dan berjalan mundur. Ini yang bisa berakibat kecelakaan. Keahlian pengemudi juga berpengaruh di sini kalau tidak paham medan dan mesin bisa fatal," tukasnya.

 Mudik 2019

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini