nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudik Lebaran, Jokowi Bagikan 4.000 Paket Sembako ke Warga Solo

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 05 Juni 2019 18:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 05 512 2063945 mudik-lebaran-jokowi-bagikan-4-000-paket-sembako-ke-warga-solo-HT6pzWwDsJ.jpg Jokowi Mudik ke Solo (Foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO - Libur Idul Fitri dimanfaatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk pulang kampung. Tak hanya berkumpul bersama keluarga besarnya, Jokowi pun membagikan sembako pada masyarakat Solo, Kota yang pernah dipimpinnya saat masih menjabat sebagai Walikota

Pantauan Okezone, Presiden bersama Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Gedung Graha Saba, Solo sekira pukul 15.34 WIB.

Setelah turun dari mobil berplat B 1060 RFS yang membawanya, Jokowi bersama Ibu Negara langsung menghampiri warga yang tengah antri sembako.

 Baca juga: Dishub Yogyakarta Antisipasi Titik Parkir Liar Selama Libur Lebaran

"Pak Jokowi, pak, apa kabarnya," sapa warga begitu melihat kehadiran Jokowi.

 Jokowi mudik ke Solo (Foto: Bramantyo/Okezone)

"Baik, dah sana terus jalan. Kasihan yang di belakangnya,"jawab Jokowi sambil meladeni warga yang ingin berjabat tangan dengan dirinya.

Tak puas hanya berdiri di meja di mana sembako itu dibagikan, Jokowi pun berjalan menuju ke lokasi masuk warga. Jokowi ingin memastikan warga bisa masuk dengan cepat ke lokasi pembagian sembako tanpa harus berlama-lama mengantre.

 Baca juga: Libur Lebaran, Anies: Saya di Jakarta Saja, Pantau Situasi

"Ayo ayo cepat masuk," kata Jokowi pada warga di pintu masuk yang berada di areal parkir Gedung Graha Saba, Tahu (5/6/2019).

Seperti halnya saat Jokowi tiba di lokasi pembagian sembako, dipintu masuk itupun warga berusaha keras agar bisa bersalaman dengan Jokowi. Meskipun Jokowi mendapatkan pengawalan ketat dari Pampampres, namun warga tetap nekat meminta bersalaman.

Jokowi hanya 10 menit berada di lokasi pembagian sembako. Setelah melihat dari dekat, Jokowi bersama Ibu Negara pun meninggalkan lokasi pembagian sembako.

 Baca juga: Pesan Bamsoet & Airlangga Tentang Hari Raya Idul Fitri

Tak ada komentar dari Jokowi. Jokowi hanya menjawab singkat pertanyaan wartawan yang menanyakan agenda selama dirinya di Solo.

"Salaman dulu, agendanya ya disini,"ucap Jokowi menjawab pertanyaan wartawan, yang juga membenarkan bila dirinya juga akan sungkem di Ibundanya.

Sementara itu Haryanto kakak dari Iriana mengatakan ada 3000 sembako yang dibagikan pada masyarakat.

Untuk mengantisipasi adannya warga yang ikut antri sembako sebanyak dua kali, pihaknya menyiapkan tinta. Dimana, warga yang sudah mengambil sembako, jarinya wajib dicelupkan kedalam tinta.

"Ada 3.000 sembako yang kami persiapkan. Dan kami pun mempersiapkan dua kupon warna oranye dan putih. Terus bagi warga yang sudah mengambil sembako, jarinya harus di celupkan kedalam tinta yang sudah dipersiapkan. Jadi tidak bisa doubel,"papar Haryanto.

Meski begitu, selain warga yang telah mendapatkan kupon, keluarga Jokowi pun, ungkap Haryanto, juga mempersiapkan 1.000 sembako yang akan di bagikan pada warga tanpa kupon.

"Semua data warga yang menerima kupon itukan dari Lurah dan Camat. Tapi kami juga menyiapkan 1.000 sembako yang akan dibagikan pada warga yang tak memegang kupon. Jadi total ada 4.000 sembako," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini