nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Selisik Komunikasi Pelaku Bom Bunuh Diri Pospam Kertasuro dengan ISIS

Fahreza Rizky, Jurnalis · Jum'at 07 Juni 2019 17:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 07 337 2064341 polisi-selisik-komunikasi-pelaku-bom-bunuh-diri-pospam-kertasura-dengan-isis-3HC07eKq4u.jpg Karo Penmas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo (foto: Feri Usman/Okezone)

JAKARTA - Polri mengaku menemui hambatan saat menggali keterangan RA (22), pelaku bom bunuh diri di Pospam Tugu Kartosuro. Pasalnya perangkat elektronik (handphone) milik pelaku dirusak sehingga menyulitkan petugas.

"Barusan Tim Densus 88 pagi ini meminta keterangan namun belum full menjelaskan bahwa hp yang bersangkutan sudah dirusak sehingga dari lab digital forensik kita sedikit mengalami hambatan," kata Karopenmas Divhumas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (7/6/2019).

Kendati demikian, polisi berusaha semaksimal mungkin untuk membuka jaringan komunikasi tersangka dengan menggunakan akun Facebook yang bersangkutan.

"Yang bersangkutan memang membaiat diri dengan akun FB-nya langsung ke ISIS. Akan juga mencoba mendalami jaring komunikasi yang bersangkutan di akun FB," jelas Dedi.

 Pospol Kertasura

Saat ini, sambung Dedi, kondisi kesehatan pelaku cukup stabil pasca mendapatkan perawatan intensif. Namun polisi belum bisa menggali keterangan tersangka secara full.

Sekedar diketahui, pelaku menggunakan bom pinggang saat meledakan Pos pemantauan mudik Lebaran Tugu Kartasura, Solo, Jawa Tengah. Akibat ledakan bom bunuh diri itu, pelaku tersebut menderita luka di perut dan tangan kanan.

Dari hasil pemeriksaan sementara bom yang digunakan pelaku diketahui memiliki daya ledak yang rendah atau Low Exsplosive. Kejadian itu, terjadi di depan pos pengamanan lebaran di Kartasura, Jawa Tengah, Senin malam, 3 Juni 2019 sekitar pukul 22.30 WIB.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini