nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bomber Pospam Kartosuro Diduga dari Simpatisan Jaringan Hisbah

Taufik Budi, Jurnalis · Sabtu 08 Juni 2019 07:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 07 512 2064405 bomber-pospam-kartosuro-diduga-dari-simpatisan-jaringan-hisbah-xiA3HcTUVx.jpg Foto Ilustrasi Okezone

SEMARANG - Tersangka bom bunuh diri Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran di Tugu Kartosuro, Sukoharjo, diduga erat kaitannya dengan kelompok Hisbah sekaligus pendukung ISIS. Kelompok ini gencar menebar kebencian terhadap aparat keamanan dengan serangkaian aksi teror.

Pelaku diketahui bernama Rofik Asharudin (22) warga Kranggan Kulon Wirogunan Kartasuro, Sukoharjo. Usianya yang terbilang muda ditengarai menjadi penyebab mudah dicekoki dengan paham-paham radikal, hingga berani melakukan amaliyah bom bunuh diri pada Senin 3 Juni malam.

"(Usia muda) ini salah satu faktor (perekrutan anggota). Kemungkinan berasal dari kelompok Hisbah. Kan ada beberapa ciri yang dilakukan jaringan Hisbah, salah satunya adalah kebencian terhadap aparat," terang pengamat terorisme Najahan Musyafak kepada Okezone, Sabtu (8/6/2019).

 Lokasi Bom Bunuh Diri

Kelompok Hisbah didirikan oleh Sigit Qurdowi, yang tewas dalam baku tembak pada 14 Mei 2011 di Solo. Dia diduga menjadi otak di balik serangan bom bunuh diri Mapolresta Cirebon.

Tewasnya pentolan radikal Islam itu membuat kelompoknya terpencar. Sebagian membentuk sel teror baru, dan lainnya bergabung dengan kelompok pimpinan Bahrun Naim.

"Hisbah ini juga ada kaitan dengan Jemaah Ansharut Daulah, Jemaah Anshorut Khilafah. Ini masih ada keterkaitan, cuma metamorfosis saja, ya di situ-situ saja," tuturnya.

"Nah kelompok inilah yang kemudian melakukan indoktrinasi, tapi kita belum tahu siapa yang melakukan indoktrinasi, selama jaringannya belum terungkap. Insya Allah saya optimistis, polisi akan mengungkap tidak lama," pungkasnya.

 Lokasi Bom Bunuh Diri

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini