nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arus Balik, Menhub dan Menkes Pastikan Kesehatan Sopir Bus

Taufik Budi, Jurnalis · Minggu 09 Juni 2019 08:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 09 512 2064633 arus-balik-menhub-dan-menkes-pastikan-kesehatan-sopir-bus-IFKYIRBU8X.jpg Menhub Budi Karya dan Menkes Nila F Moeloek cek kesehatan pengemudik bus arus balik di Terminal Bus Tipe A Tingkir, Salatiga, Jateng. (Dok Kemenhub)

SALATIGA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengecek kesehetan sopir dan kelayakan bus yang akan mengantar pemudik kembali ke tempat kerja. Setiap sopir dipastikan kondisinya prima, untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

"Di sini kami melihat beberapa hal yang penting-penting di antaranya kesehatan. Tadi saya mengecek fasilitas kesehatan dan kondisi kesehatan pengemudi bus. Hasilnya menggembirakan, kondisi sopir tetap terjaga kesehatannya dengan tensi yang baik,” kata Budi Karya, di Terminal Bus Tipe A Tingkir, Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019).

Dia mengimbau para pengemudi bus mengatur pola makan dan istirahat secara teratur. Usai mengecek kesehatan pengemudi bus, Menhub dan Menkes juga mengecek tempat istirahat pengemudi yang tersedia di bagian belakang bus.

ilustrasi (Dok Okezone)

Salah satu pengemudi bus mengatakan, dalam setiap perjalanan, ada dua sopir yang secara bergantian mengemudi setiap empat jam. Jadi ketika satu pengemudi bertugas mengemudi, pengemudi lainnya dapat beristirahat di kasur yang tersedia di bagian belakang bus.

"Di sini kita cek ternyata kesehatannya bagus dan mereka ada tempat tidur untuk sopir dibuatkan di belakang. Jadi tidurnya bisa sampai kakinya selonjoran. Mereka juga tiap empat jam bergantian berkendara dan sopirnya selalu dua," ujar Nila.


Baca Juga : Arus Balik, 200 Ribu Kendaraan Sudah Kembali ke Jakarta

"Ini yang kita harapkan, makanya angka kecelakaan turunnya luar biasa tahun ini. Pertama memang karena infrastruktur, kedua sarana pendukungnya juga memadai," tuturnya.


Baca Juga : Urai Kemacetan, Polisi Berlakukan One Way dari KM 439 Ungaran hingga KM 29 Cikarang Utama

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini