nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arus Balik Jalur Kereta Api Masih Tinggi, KAI Prediksi Angkut 6,4 Juta Penumpang

Fathnur Rohman, Jurnalis · Senin 10 Juni 2019 20:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 10 525 2065104 arus-balik-jalur-kereta-api-masih-tinggi-kai-prediksi-angkut-6-4-juta-penumpang-TtOUdDlwjn.jpg Penumpang Kereta Api di Stasiun Cirebon (Foto: Fathnur/Okezone)

CIREBON - Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (KAI) Edi Sukmoro menyebut, ada sekitar 4,6 juta penumpang yang menggunakan jasa kereta api pada musim angkutan lebaran 2019. Bahkan, ia memprediksi angka tersebut akan bertambah hingga 6,4 juta penumpang.

"Sampai pagi tadi, sudah terangkut 4,6 juta penumpang. Ini masih jalan, prediksi kita 6,4 juta penumpang untuk arus balik dan mudik," jelasnya kepada wartawan, di Stasiun Cirebon, Jawa Barat, Senin (10/6/2019).

Disampaikan Edi, jika berdasarkan jumlah bangku atau tempat duduk yang disediakan, pihaknya memprediksi ada peningkatan sekitar 4 persen pada musim angkutan lebaran saat ini, bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dirut KAI Edi Sukmoro

Lebih lanjut, Edi mengaku, kalau dilihat dengan jumlah penumpang yang naik, maka ada peningkatan sekitar 9 persen pada musim angkutan lebaran kali ini. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya penumpang dinamis.

"Kalau di kereta api ada istilah penumpang dinamis. Dinamis itu jadi begini, yang mana kalau ada kereta itu dari Jakarta menuju Semarang, ada yang naik turun di Cirebon, kemudian ada yang naik lagi dari Cirebon ke Semarang," tambahnya.

Sementara itu, pihaknya sendiri sudah memprediksi puncak arus balik akan terjadi kemarin. Namun, nyatanya di semua Daerah Operasi (Daop), hingga hari ini volume penumpang pada saat arus balik masih sangat tinggi.

(Baca Juga: Mudik Lebaran, KAI Siapkan 10 Kereta Tambahan Ekstra)

"Arus balik, sampai hari ini, angkanya masih tinggi. Penyebabnya kurang tahu. Dugaannya seperti Daop 6 Yogyakarta, anak sekolah masih libur," katanya.

Edi menuturkan, sejak pagi tadi tiket yang terjual sudah mencapai angka 98 persen. Sedangkan, dalam mengadapi volume penumpang yang saat ini masih cukup tinggi, pihaknya akan terus bersiaga demi memberikan pelayanan terbaik untuk penumpang.

"Tapi dari kita tetap siaga, karena Daop yang dilewati ini yang paling penting," pungkasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini