nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dikabarkan Hilang, Lukisan Mahakarya Da Vinci Muncul di Kapal Pesiar Pangeran Saudi

Rahman Asmardika, Jurnalis · Selasa 11 Juni 2019 13:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 11 18 2065261 dikabarkan-hilang-lukisan-mahakarya-da-vinci-muncul-di-kapal-pesiar-pangeran-saudi-n1r0rPb8Rf.jpg Foto: AP.

LUKISAN mahakarya Leonardo Da Vinci yang diduga dibeli atas nama Pangeran Mohammed bin Salman senilai USD450 juta (sekira Rp6 triliun) pada 2017, dilaporkan berada di sebuah kapal pesiar mewah milik Putra Mahkota Arab Saudi itu setelah sempat dikabarkan hilang.

Salvator Mundi terjual melalui sebuah pelelangan misterius yang dilakukan lewat telepon, tanpa diungkap nama pembelinya. Laman Artnet.com mengutip dua sumber anonim melaporkan bahwa lukisan itu “dibawa pada tengah malam menggunakan pesawat MbS, nama panggilan Mohammed bin Salman” dan dipindahkan ke The Serene, kapal pesiarnya.

BACA JUGA: Dituding Beli Lukisan Yesus dengan Harga Selangit, Putra Mahkota Saudi Kebanjiran Kritik

Kedua sumber itu juga mengatakan bahwa lukisan itu telah dibayar, meskipun beredar desas-desus di dunia seni bahwa tagihan itu baru dilunasi sebagian. Demikian diwartakan RT, Selasa (11/6/2019).

Lukisan yang diperkirakan akan dipamerkan di Louvre, Prancis pada akhir tahun ini, menghilang setelah muncul kecurigaan bahwa karya itu berasal dari "bengkel" Da Vinci dan mungkin tidak dilukis oleh sang seniman itu sendiri, sesuatu yang pemilik barunya tahu bisa menurunkan nilai lukisan itu secara signifikan.

Kapal pesiar mewah yang menjadi rumah baru Salvator Mundi awalnya dimiliki oleh taipan Rusia Yuri Shefler, tetapi dijual kepada MBS seharga USD500 juta pada 2016. Sama seperti kapal pesiar tersebut, lukisan itu sebelumnya juga dimiliki oleh seorang miliarder Rusia, yang membelinya dengan harga murah USD127,5 juta di tahun 2013.

BACA JUGA: Lukisan Termahal di Dunia Karya Leonardo da Vinci Hilang Misterius di UEA

Artnet mengatakan bahwa Salvator Mundi kemungkinan akan tetap ditempatkan di kapal pesiar itu untuk waktu-waktu mendatang, setidaknya sampai Arab Saudi membuka pusat kebudayaan baru di wilayah Al-Ula.

Sementara Bloomberg melaporkan bahwa sampai 26 Mei, Serene berada di Laut Merah di lepas pantai kota resor Mesir Sharm el-Sheikh.

Lukisan 'Salvator Mundi' berasal dari sekitar tahun 1500 dan menggambarkan Yesus Kristus mengenakan jubah gaya Renaisans dengan tangan kanannya diangkat untuk memberkati dan membawa bola kristal di tangan kirinya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini