nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menguak Sejarah Little India di Sunter Jakarta Utara

Selasa 11 Juni 2019 12:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 11 338 2065203 menguak-sejarah-little-india-di-sunter-jakarta-utara-HllQfeaiQy.jpg Salah satu peninggalan Little India di Sunter, Jakarta Utara. (Foto: jakartakita)

JAKARTA – Siapa sangka di wilayah Sunter, Jakarta Utara, dahulu terdapat kawasan "Little India". Bahkan hingga kini masih ada yang belum mengetahuinya.

Mengutip dari buku Ensiklopedia Jakarta, Selasa (11/6/2019), kawasan Little India di Sunter berawal dari warga pendatang India dan Pakistan yang menetap di sana. Jumlah mereka kala itu diperkirakan mencapai ratusan orang.

(Baca juga: Sejarah Pulau Onrust: Benteng Pertahanan hingga Lokasi Karantina Haji)

Dilaporkan, mereka adalah pindahan dari wilayah Pasar Baru dan Pintu Air di Jakarta Pusat.

Di kawasan Little India Sunter juga terdapat peninggalan bersejarah berupa lima restoran India. Pionirnya adalah Rumah Makan Rasa Sayang.

Little India di Sunter, Jakarta Utara. (Foto: kumpulanunix.blogspot.com)

Dikabarkan, warga India dan Pakistan di Sunter ketika membuat makanan khas dengan cara mencampurkan aneka ragam aroma rempah-rempah yang didatangkan langsung dari negaranya.

Di Sunter tampak ada juga toko dan warung rempah-rempah yang menjual makanan serta oleh-oleh khas India dan Pakistan.

(Baca juga: Sejarah Jatinegara Mester: Tokoh Guru Agama hingga Tanah Luas Penuh Pohon Jati)

Terdapat pula peninggalan berupa sekolah India seperti Gandhi's School, Universal School, dan Jubilee School.

Di Sunter juga menjadi pusat ekspor dan impor garmen orang-orang India dan Pakistan. Sedangkan toko-tokonya terletak di berbagai pusat perdagangan, termasuk Pasar Baru.

Kawasan Little India Sunter juga menjadi lokasi kunjungan para pembeli dari lokasi lain di Ibu Kota dan Pulau Jawa. Oleh karena itu, di lokasi inilah terjadi transaksi penjualan tekstil secara grosir.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini