32 Ribu Personel Disiagakan Jelang Sidang Perdana Gugatan Pilpres di MK

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 15:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 12 605 2065699 32-ribu-personel-disiagakan-jelang-sidang-perdana-gugatan-pilpres-di-mk-MbhAyLPU6S.jpg Foto Ilustrasi Okezone

JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) sengketa pemilihan presiden. Sebanyak 32.000 personel gabungan pun masih disiagakan guna mengamankan jalannya sidang.

“Masih 32 ribu (personel). Ini merupakan gabungan Polri dan TNI, serta aparat terkait seperti Pemda dan Dinas kesehatan,” tutur Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2019).

Lebih jauh, Asep menjelaskan bila nantinya pengamanan di sekitar gedung MK akan terus bergulir hingga pengumunan hasil sengketa berakhir.

 mahkamah konstitusi

Meski demikian, Asep mengimbau agar masyarakat tak khawatir dan berharap tetap melaksanakan kegiatan seperti biasa. Sebab, pengamanan tak akan menutup jalan protokal seperti 21-22 Mei lalu.

“Itu kondisi atau rencana awal kita tapi melihat situasi yang berkembang, tapi tanggal 14 Mei sampai 28 Mei tenang saja bekerja dan beraktifitas karena jalan protokol tidak terganggu seperti kemarin,” tegasnya.

Selain itu, pihak Polri juga akan melakukan upaya-upaya preventif menjelang pengumuman putusan pada 28 Mei mendatang. Seperti mengimbau agar masyarakat tak berbondong-bondong datang ke MK.

“Untuk upaya-upaya preventif kita pada saat nanti sidang MK tanggal 28 Mei, pengumuman itu semuanya sudah kita atau sedemikian rupa supaya pertama tentunya himbauan supaya masyarakat tidak perlu datang dan paslon tertentu menyampaikan tidak perlu berbondong-bondong datang ke MK,” tandas Asep.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini