Bawaslu Serahkan 134 Alat Bukti ke MK terkait Gugatan Prabowo-Sandi

Fahreza Rizky, Jurnalis · Rabu 12 Juni 2019 17:55 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 12 605 2065765 bawaslu-serahkan-134-alat-bukti-ke-mk-terkait-gugatan-prabowo-sandi-TfDmJKru0n.jpg Ketua Bawaslu Abhan Usai Menyerahkan 134 Alat Bukti ke MK Terkait Gugatan Pemilu yang Diajukan Kubu Prabowo-Sandi (foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menyerahkan keterangan tertulis disertai alat bukti terkait gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) yang diajukan pasangan calon Prabowo-Sandi ke Mahkamah Konstitusi (MK). Bawaslu menyerahkan keterangan tertulis setebal 151 halaman dan 134 alat bukti.

"Jadi pemberi keterangan. Keterangan kami sebanyak 151 halaman kemudian alat bukti ada 134," kata Ketua Bawaslu, Abhan di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (12/6/2019).

Baca Juga: Datangi MK, Bawaslu Tak Masukkan Keterangan soal Jabatan Ma'ruf Amin di Bank Syariah 

Abhan menuturkan, keterangan Bawaslu terkait gugatan Prabowo-Sandi berisi empat hal. Pertama adalah terkait hasil pengawasan Pemilu 2019, terutama soal pengawasan tahapan Pilpres dari awal hingga akhir.

"Materi kami kedua adalah terkait dengan tindaklanjut dari laporan maupun temuan selama proses tahapan Pemilu 2019. Jadi ada laporan berapa dan yang ada berapa terkait dengan tindak anjut temuan dan laporan," tuturnya.

Bawaslu Serahkan 134 Alat Bukti ke MK terkait Gugatan Prabowo-Sandi (foto: Fahreza Rizky/Okezone)	 

Materi ketiga, sambung dia, adalah keterangan atau jawaban Bawaslu terkait pokok-pokok yang menjadi dalil Prabowo-Sandi selaku pemohon. "Jadi di dalam permohonan pemohon ada yang sampaikan soal Bawaslu, maka kami menjawab di jawaban kami ini di keterangan," ucap dia.

"Yang keempat terkahir adalah terkait dengan jumlah dan jenis pelanggaran yang ada kaitannya dengan dalil-dalil pokok pemohon," lanjut Abhan.

Dalam perkara ini, pemohon ialah paslon 02 Prabowo-Sandi, termohon ialah KPU, dan pihak terkait ialah Jokowi-Ma'ruf dan Bawaslu. Adapun gugatan Prabowo sudah secara resmi diregistrasikan MK. Perkara tersebut teregister dengan nomor 01/PHPU/PHPU-PRES/XVII/2019.

Permohonan Prabowo-Sandi yang diregistrasi adalah berkas awal yang telah disetorkan pada 24 Mei 2019 lalu. Sedangkan perbaikan permohonan yang dilakukan kemarin telah dilampirkan dalam permohonan yang sudah diregistrasi.

Baca Juga: 272 Kontainer Dokumen Jawaban & Alat Bukti KPU Dikirim ke MK 

"Nah permohonan yang diregistrasi adalah permohonan awal yang tanggal 24 mei," kata Juru Bicara MK Fajar Laksono, Selasa 11 Juni 2019.

Sidang perdana gugatan Prabowo-Sandi di MK digelar pada Jumat, 14 Juni 2019. Agenda sidang ialah mendengarkan permohonan pemohon.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini