nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Rusia Tangkap Hampir 100 Orang yang Memprotes Penahanan Jurnalis

Agregasi VOA, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 04:32 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 13 18 2065875 polisi-rusia-tangkap-hampir-100-orang-yang-memprotes-penahanan-jurnalis-YAxLtupxU1.jpg Polisi menangkap seorang demonstran perempuan dalam aksi memprotes penahanan jurnalis Ivan Golunov di Moskow, Selasa (11/6/2019). (Foto : Reuters)

POLISI Rusia telah menahan pemimpin oposisi Alexei Navalny dan hampir 100 orang lainnya dalam aksi aksi protes di Moskow yang menuntut pertanggungjawaban polisi yang diduga merekayasa tuduhan yang dilontarkan kepada seorang jurnalis terkenal.

OVD-Info, kelompok yang memantau penangkapan bermotif politik, mengatakan, polisi menahan sedikitnya 94 orang hari Selasa (11/6), dan beberapa di antara mereka bahkan dengan kekerasan.

Aksi protes itu berlangsung menyusul keputusan polisi yang mengejutkan untuk membatalkan tuduhan terhadap jurnalis Ivan Golunov, yang pekan lalu didakwa polisi melakukan transaksi narkoba setelah polisi mengklaim menemukan narkoba di apartemennya. Golunov, yang terkenal karena sering mengungkap kasus-kasus korupsi para pejabat Moskow, membantah tuduhan itu.

Pihak berwenang mengatakan, kasus itu dibatalkan, Senin, karena kurangnya bukti.

Tuduhan terhadap Golunov dibatalkan menyusul protes marah yang dilakukan para pendukungnya, termasuk tiga surat kabar Rusia yang paling dihormati.


Baca Juga : Dokter Temukan Gigi yang Hilang Tumbuh di Testis Seorang Remaja

Banyak demonstran menuntut reformasi badan-badan penegakan hukum Rusia dan pembebasan sejumlah tahanan polisi.

Pihak berwenang sebelumnya berjanji akan membebaskan Golunov dan menghukum mereka yang terbukti merekayasa tuduhan terhadap Golunov, namun para pendukungnya memutuskan untuk tetap melangsungkan aksi protes pada hari libur yang disebut Hari Rusia.


Baca Juga : Pria di Rusia Selamat dengan Menggigit Lidah Beruang yang Menyerangnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini