nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jelang Pilwali Surabaya, PDIP Bakal Usung Kader Sendiri

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 13 Juni 2019 21:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 06 13 519 2066212 jelang-pilwali-surabaya-pdip-bakal-usung-kader-sendiri-qRVczZuPhB.jpg Ilustrasi Lambang Kota Surabaya (foto: Ist)

SURABAYA - PDIP Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim) bakal mengusung calon dari kader sendiri saat pelaksanaan Pemilihan Wali Kota (Pilwali 2020) nanti. Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi dengan partai.

Sebab bila mengusung calon dari luar atau bukan kader PDIP, dipastikan akan kesulitan dalam melakukan koordinasi ketika calon tersebut terpilih menjadi Wali kota nanti.

Ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah (foto: Okezone)

"Kami akan mengusung calon dari internal PDIP, bukan dari luar. Ini untuk memudahkan komunikasi dengan partai," terang Wakil Ketua Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) DPC PDI Perjuangan Surabaya, Sukadar, Kamis (13/6/2019).

Sebab, sambung Sukadar, bila calon dari kader sendiri sejak saat ini komunikasinya sudah berjalan baik. Sehingga ketika terpilih nanti, maka hubungan itu akan semakin baik dan koordinasinya mudah.

Meskipun dirinya menginginkan kader sendiri yang diusung PDIP dalam pilwali 2020, namun PDIP Surabaya tetap akan membuka penjaringan untuk kandidat bakal calon walikota. Penjaringan tersebut terbuka untuk umum.

Baca Juga: Mencari Pengganti Risma di Surabaya pada Pilkada 2020 

"Artinya tidak hanya kader PDIP saja yang ikut penjaringan, tetapi masyarakat umum boleh mengikuti penjaringan. Nanti nama-nama yang ikut penjaringan akan dikirim ke DPP untuk dipilih sebagai calon," paparnya.

Ia menambahkan, saat ini para kader dan pengurus PDIP dibawah menginginkan Whisnu Sakti Buana, yang sekarang menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surabaya, sebagai calon Walikota dalam Pilwali 2020 nanti.

"Karena Whisnu dinilai sebagai pemimpin yang mampu merekatkan para kader. Whisnu juga dinilai sebagai sosok yang visioner dalam pembangunan kota, termasuk pemberdayaan anak muda Surabaya," ucap dia.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini