nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Usai Dilantik Jokowi, Gubernur Baru Lampung Diharapkan Bersihkan Korupsi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Jum'at 14 Juni 2019 20:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 14 337 2066635 usai-dilantik-jokowi-gubernur-baru-lampung-diharapkan-kurangi-krisis-moral-8JCqPxl9a5.jpeg

JAKARTA - Mantan Kapolda Lampung Irjen Ike Edwin menaruh harapan besar kepada Gubernur Lampung H. Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim yang baru dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Rabu 12 Juni 2019.

Tokoh Lampung yang kini menjadi Staf Ahli Bidang Sosial Politik Kapolri ini berharap Provinsi Lampung semakin berjaya di bawah kepemimpinan Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim.

Selain meningkatkan pembangunan ekonomi untuk kesejahteraan rakyat, jenderal polisi yang akrab disapa Dang Ike ini juga berharap Gubernur Lampung yang baru dapat membangun sumber daya manusia (SDM) Lampung yang berkualitas dan bermartabat.

(Baca Juga: Jokowi Lantik Arinal-Nunik Jadi Gubernur dan Wagub Lampung)

"Saat ini krisis moral dan krisis sosial sedang melanda bangsa ini, sehingga masyarakat sulit mencari figur teladan," kata Dang Ike, Jumat (14/6/2019).

Kata dia, korupsi dan kejahatan narkoba nyaris merasuki semua lini kehidupan. Mulai dari kalangan pejabat, wakil rakyat hingga masyarakat biasa. Jika tidak segera ditanggulangi, hal ini akan mengancam masa depan bangsa, termasuk di Lampung.

Itu sebabnya, Ike Edwin berharap Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim sebagai Gubernur dan Wagub Lampung nantinya tidak hanya fokus pada pembangunan infrastruktur dan ekonomi, tetapi juga membangun moralitas masyarakat.

Ike Edwin

“Pemerintah daerah juga harus memperhatikan seni dan budaya Lampung yang mulai terlupakan,” tutup Jenderal bintang dua yang juga Panglima Perang sekaligus Perdana Menteri Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak bergelar Gusti Batin Raja Mangkunegara.

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi melantik Gubernur Lampung H. Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia Chalim di Istana Negara Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung periode 2019-2024 kepada keduanya di Istana Merdeka, Jakarta.

Setelah itu, pasangan ini bersama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo melakukan kirab menuju Istana Negara.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat, nusa, dan bangsa,” kata Presiden Joko Widodo diikuti oleh Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim di Istana Negara.

Arinal-Chusnunia merupakan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih pada Pilgub 2018 di Lampung. Pilgub yang digelar pada 27 Juni 2018 itu memenangkan Paslon Arinal-Chusnuniah dengan perolehan suara 37,78 persen mengalahkan tiga paslon lainnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini