nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekonstruksi Kasus Mutilasi di Malang, Pelaku Peragakan 38 Adegan

Avirista Midaada, Jurnalis · Selasa 18 Juni 2019 14:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 18 519 2067824 rekonstruksi-kasus-mutilasi-di-malang-pelaku-peragakan-38-adegan-87vhL9n1hZ.jpg Rekonstruksi kasus mutilasi di Pasar Besar Kota Malang, Jawa Timur (Foto: Avirista Midaada)

KOTA MALANG - Sugeng Santoso, tersangka pembunuhan dan mutilasi yang menggegerkan warga Pasar Besar Kota Malang, Jawa Timur menjalani rekonstruksi guna menjelaskan reka ulang adegan pembunuhan tersebut, pada Selasa (18/6/2019).

Menggunakan mobil tahanan Sugeng tiba di lantai 2 Pasar Besar dengan dikawal ketat aparat kepolisian dari Polres Malang Kota sekira pukul 09.30 WIB. Berbalut pakaian tahanan berwarna oranye, Sugeng menjalani rekonstruksi diawali kedatangannya di lantai 2 Pasar Besar dengan berjalan kaki bersama korban. 

Di lantai 2 Sugeng memeragakan dirinya sedang mengobrol di atas tangga yang menuju Pusat Grosir Matahari, sesaat kemudian pria berumur 49 tahun ini memeragakan dirinya membunuh korban dan memutilasi tubuhnya.

Baca Juga: Fakta Baru Kasus Mutilasi di Malang: Pelaku dan Korban Sempat Ingin Bersetubuh, tapi...

Kemudian, oleh pelaku potongan tubuh korbannya disebar di beberapa tempat di sekitar lokasi. Potongan tubuh mulai badan hingga paha ditaruh di kamar mandi sebelah utara, sementara kedua kaki korban dilempar ke lorong yang ada di bawah tangga Pusat Grosir Matahari. Sementara kepala dan kedua pergelangan tangannya di letakkan di depan tangga Pusat Grosir Matahari.

Rekonstruksi kasus mutilasi

Pada proses rekonstruksi sendiri berjalan sekitar 1 jam sejak pukul 09.38 WIB hingga pukul 10.30 WIB dengan memeragakan 38 adegan.

"Total ada 38 adegan di Pasar Besar, 3 adegan di sekitar klenteng yang dijalani tersangka S ini. Untuk menggambarkan kesesuaian fakta yang disampaikan tersangka sesuai berkas pemeriksaan dan riilnya di lapangan," ujar Kasatreskrim Polres Malang Kota AKP Komang Yogi Arya Wiguna di Pasar Besar Kota Malang.

Menurut Komang, rekonstruksi ini untuk melengkapi berkas pemeriksaan tersangka Sugeng yang sudah diserahkan ke kejaksaan. "Berkas sudah di kejaksaan sudah tahap 1. Ada beberapa petunjuk lagi kami lengkapi terkait pemeriksaan saksi Insya Allah bisa segera P21," kata Komang.

Baca Juga: Mutilasi di Malang, Polisi: Pelaku Potong Leher Korban yang Masih Hidup

Sebelumnya, Sugeng Santoso warga Jodipan Wetan akhirnya ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan dan pemutilasi jenazah perempuan yang ditemukan pada Selasa siang 14 Mei 2019 di Lantai 2 Pasar Besar Kota Malang.

Ia ditetapkan tersangka berdasarkan hasil penyelidikan dan pengendusan dari anjing pelacak dari unit K9 Polres Malang Kota.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini