nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Bukti Putra Mahkota Saudi Terlibat Pembunuhan Jurnalis Jamal Khashoggi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 19 Juni 2019 20:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 19 18 2068417 ada-bukti-putra-mahkota-saudi-terlibat-pembunuhan-jurnalis-jamal-khashoggi-9xLXyk1MzK.jpg Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Foto/Reuters

RIYADH - Ada bukti yang dapat dipercaya bahwa Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dan pejabat tinggi lainnya terlibat atas pembunuhan Jamal Khashoggi.

Sebuah laporan oleh pelapor khusus untuk PBB Agnes Callamard mengatakan bukti itu pantas diselidiki lebih lanjut dengan melibatkan penyelidikan internasional yang independen dan tidak memihak.

Khashoggi terbunuh di dalam konsulat Saudi di Istanbul oleh agen Saudi.

Pihak berwenang Saudi bersikeras mereka tidak bertindak atas perintah Pangeran Mohammed.

BacaPembunuhan Khashoggi: Senator AS Sebut Putra Mahkota Saudi 'Gila' dan 'Berbahaya'

BacaPBB: Arab Saudi Membatasi Penyelidikan Pembunuhan Jamal Khashoggi

Kerajaan Saudi telah mengadili 11 orang tak dikenal yang dilakukan dalam persidangan tertutup untuk pembunuhan Khashoggi dan menghukum mati untuk lima di antaranya.

Foto/AFP

Namun, Callamard mengatakan persidangan gagal memenuhi standar prosedural dan substantif internasional, dan menyerukan agar pengadilan ditunda.

Jamal Khashoggi, jurnalis berusia 58 tahun adalah seorang kolumnis yang berbasis di AS untuk Washington Post dan paling sering mengkritik Pangeran Mohammed.

Ia terakhir terlihat memasuki konsulat Saudi pada 2 Oktober 2018 untuk mendapatkan surat-surat yang ia butuhkan untuk menikahi tunangannya Hatice Cengiz.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini