nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri Pastikan Persoalan DP4 Sudah Selesai

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 07:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 20 337 2068566 mendagri-pastikan-persoalan-dp4-sudah-selesai-zFVTgIqsWe.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memastikan bahwa persoalan DP4 atau data kependudukan yang berasal dari pihaknya sudah selesai.

Sehingga, ia tak khawatir soal dijadikannya alat bukti DPT oleh kubu capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ke Mahkamah Konstitusi. Menurut dia, selama ini KPU telah mensikronkan data tersebut.

"KPU juga sering mengundang kami untuk mensinkronkan DPT itu. Jadi menurut kami DPT itu clean and clear. Setiap ada pertanyaan dari timses atau partai itu kan dibuka bersama, semua sepakat," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Tjahjo menepis tudingan adanya 17 juta DPT siluman yang disebut oleh kubu Prabowo-Sandi.

Baca Juga: Mendagri: ASN yang Bolos Dikenakan Potongan Tunjangan Kinerja

Tjahjo Kumolo

Politisi PDIP itu menilai, tudingan DPT siluman tersebut sama seperti pihaknya yang kerap dituding mengkampanyekan capres dan cawapres Jokowi-Ma'ruf lewat program kerja pemerintah.

"Menurut data kami, yang kami serahkan ke KPU, hasil koordinasi dengan KPU untuk mengsinkronkan, mencocokan DPT itu lewat NIK yang ada di kami clean and clear, dari 187 juta itu aman," imbuhnya.

Tjahjo juga menepis adanya penggunaan KTP palsu sebagai DPT siluman dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. Ia menegaskan bahwa KTP palsu tak akan bisa digunakan untuk mencoblos karena tak terdaftar.

"KTP palsu kan nggak akan mungkin bisa dipakai. Siapa yang mau pakai KTP palsu. Itu fix per TPS domisili dimana. Dobel TPS saja enggak mungkin kok," tandasnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini