nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sidak Rutan KPK, Kemenkumham: Fasilitasnya Bagus dan Tidak Overkapasitas

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 20 Juni 2019 13:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 20 337 2068701 sidak-rutan-kpk-kemenkumham-fasilitasnya-bagus-dan-tidak-overkapasitas-qKtvMjAoRO.jpg Kemenkumham sidak rutan KPK. (Foto : Muhamad Rizky/Okezone)

JAKARTA – Jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Rumah Tahanan (Rutan) KPK, Kuningan, Jakarta, Kamis (20/6/2019). Dalam sidak itu, Kemenkumham menilai fasilitas dan pelayanan di sana sangat baik serta tidak menemukan adanya overkapasitas.

"Kami melihat secara langsung kondisi empiris (fakta di lapangan) yang ada di rutan cabang KPK tentang pelayanan yang diberikan oleh petugas cabang rutan KPK kepada tahanan di rutan kita ini," kata Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Benda Sitaan dan Barang Rampasan Negara, Dirjenpas Kemenkumham, Heni Yuwono di Gedung Merah Putih KPK.

Berdasarkan hasil sidak itu, menurut Heni, rutan KPK dari sisi fasilitas yakni tempat tidur dan kamar mandi sangat layak bagi para tahanan.

Kemenkumham sidak rutan KPK. (Foto : Muhamad Rizky/Okezone)

"Artinya masih mempunyai space yang luas cukup luas untuk berinteraksi dan bergerak di dalam selnya. Karena tidak overcapacity ya dibandingkan dengan kondisi rutan yang ada di tempat lain. Tentu saja kondisi sekarang kan sangat overcrowded," ucapnya.

Jika dibandingkan lapas lainnya di Indonesia kata Heni, rutan KPK tidak melebihi kapasitas.


Baca Juga : Komisi III Minta KPK Fokus Tuntaskan Kasus Mangkrak Ketimbang Ngurus Lapas

"Artinya dari kapasitas rutan kita (di tempat lain-red) hanya 130 ribuan, kondisi saat sekarang, isi lapas kita di Indonesia itu ada 260 ribu lebih penghuni, sehingga terjadi kelebihan kapasitas yang sampai sekian ratus persen," ujarnya.

Dalam sidak ini, Heni bersama tim rombongan dari Kemenkumham mulai melakukan pemeriksaan di rutan KPK sekira pukul 09.00 WIB. Mereka tampak berkeliling di rutan KPK untuk memeriksa langsung dan memastikan fasilitas dan pelayanan berjalan dengan baik.


Baca Juga : Perwira Polri Daftar Capim KPK, ICW Soroti Potensi Konflik Kepentingan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini