nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurangi Sampah Plastik, Pemprov DKI Lakukan Daur Ulang hingga Siapkan Pergub

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Minggu 23 Juni 2019 12:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 23 338 2069823 kurangi-sampah-plastik-pemprov-dki-lakukan-daur-ulang-hingga-siapkan-pergub-WMOzchUjbH.jpg Petugas memunguti sampah. (Dok Okezone)

JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan sejumlah upaya untuk mengurangi sampah plastik di Ibu Kota. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Andono Warih mengatakan, salah satu cara yang dilakukan yakni dengan melakukan daur ulang sampah plastik di wilayah-wilayah di Jakarta.

"Penanganannya dengan guna ulang (reuse), daur ulang (recycle), dan buang," ujar Andono saat dihubungi Okezone, Minggu (23/6/2019).

Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga sedang menyiapkan peraturan gubernur (pergub) tentang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Peraturan itu hingga kini masih digodok.

Sampah plastik (Independent)

"Saya akan pelajari dan telaah lebih dalam agar bisa optimal dan efektif begitu (pergub) ditetapkan," kata dia.

Sampah plastik saat ini menjadi salah satu jenis sampah yang dominan di Jakarta. Sampah plastik ini juga menjadi salah satu jenis sampah yang paling banyak dihasilkan dalam puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-492 DKI Jakarta di kawasan Bundaran HI dan sekitarnya pada Sabtu (22/6/2019) malam.


Baca Juga : Sampah HUT Ke-492 DKI Jakarta Capai 73 Ton

"(Dalam HUT Jakarta), paling banyak sampah anorganik kemasan, plastik, kertas, dan sisa makanan," ujar Andono.


Baca Juga : Indonesia Akan Kirim Balik Sampah Plastik Ilegal ke Negara Asalnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini