BMKG Sebut Ada 27 Gempa Susulan di Mamberamo Papua hingga Siang Ini

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 24 Juni 2019 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 24 340 2070210 bmkg-sebut-ada-27-gempa-susulan-di-maluku-hingga-siang-ini-hhslXjM2mM.jpg Konferensi Pers BMKG terkait Gempa di Maluku (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa telah terjadi 27 kali gempa susulan berkekuatan magnitudo (M) 2,9 hingga 5,5 di Mamberamo Raya, Papua hingga pukul 13.20 WIB.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,67 LS dan 138,76 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 85 km arah tenggara Kota Burmeso, Kabupaten Memberamo Raya, Propinsi Papua pada kedalaman 10 km.

 Baca juga: Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Maluku Tenggara Barat, Getarannya Terasa hingga NTT & Papua Barat

"Kami imbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh demgan isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan," kata Dwikorita di Kantor BMKG, Jakarta, Senin (24/6/2019).

 Gempa

BMKG membenarkan bahwa guncangan gempa ini terasa hingga ke Timor-Timor dan Autralia. Selain itu, guncangan gempa bumi juga dilaporkan di daerah Saumlaki V MMI, Tual III-IV MMI, Subawa dan Sorong III MMI, Dobo, Alor, Fak-Fak dan Kupang II-III MMI, Manokwari, Bima, Dompu, Banda, Waingapu, Ambon, Bula, Nabire, Merauke, Denpasar, dan Puncak Jaya II MMI.

 Baca juga: Gempa Magnitudo 7,4 Guncang Maluku Tenggara Barat, Tak Berpotensi Tsunami

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," paparnya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kombinasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust).

 Baca juga: Gempa Magnitudo 7,4 Maluku Terasa hingga Sorong, ASN Berhamburan Keluar Kantor  

Guncangan gempa dilaporkan dirasakan II-III MMI di Jayapura, dan Wamena II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

(rzy)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini