MK : Kesaksian Keponakan Mahfud MD soal "Kecurangan Bagian Demokrasi" Tak Relevan

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 27 Juni 2019 17:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 27 605 2071737 mk-kesaksian-keponakan-mahfud-md-soal-kecurangan-bagian-demokrasi-tak-relevan-u7YfQBY65H.jpg Sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2019 di MK, Kamis (27/6/2019). (Foto : Arif Julianto/Okezone)

JAKARTA – Hakim Konstitusi menganggap keterangan saksi dari pemohon, yakni kubu Prabowo-Sandi, mengenai “kecurangan bagian demokrasi” tidak relevan dengan sengketa hasil Pilpres 2019. Saksi dari pemohon yang mengungkapkan hal tersebut ialah Hairul Anas, yang juga keponakan Mahfud MD.

Dia adalah calon anggota legislatif dari Partai Bulan Bintang (PBB) yang diutus partai untuk menghadiri training of trainers (ToT) yang digelar TKN Jokowi-Ma'ruf.

"Karena perihal ToT tidak didalilkan oleh pemohon, maka tidak ada relevansinya bagi mahkamah untuk mempertimbangkan hal itu lebih jauh," kata hakim konstitusi Wahiduddin Adams di Gedung MK, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Dalam kesaksiannya, Hairul Anas berujar ToT TKN Jokowi-Ma'ruf diisi materi tentang “kecurangan bagian demokrasi”. Namun, kesaksian keponakan Mahfud MD itu dibantah oleh saksi yang diajukan kubu 01 bernama Anas Nasikhin.

Anas Nashikin Dihadirkan dalam Sidang Sengketa Pilpres di MK

Anas Nasikhin dalam keterangannya mengatakan slide tentang materi tersebut harus dipahami secara utuh. Presentasi mengenai tema itu hanya untuk menyadarkan peserta terkait kecurangan dalam pemilu.

Wahiduddin menegaskan, saksi Hairul Anas sudah mengakui tidak diajarkan cara untuk curang dalam ToT tersebut.


Baca Juga : MK Tolak Dalil Kecurangan Situng Versi Kubu Prabowo

"Ketika saksi ditanya apakah ToT saksi dilatih untuk melakukan kecurangan, saksi mengatakan tidak," ucapnya.

"Slide tersebut harus dipahami secara utuh untuk mengagetkan bahwa kecurangan adalah keniscayaan," katanya.


Baca Juga : MK Tak Temukan Bukti Ketidaknetralan TNI-Polri dalam Pilpres 2019

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini