Ini Alasan Polisi Belum Copot Kawat Berduri di MK, Bawaslu, KPU

Antara, Jurnalis · Jum'at 28 Juni 2019 21:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 28 605 2072334 ini-alasan-polisi-belum-copot-kawat-berduri-di-mk-bawaslu-kpu-LNrnormFgM.JPG Mahkamah Konstitusi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Setelah pembacaan putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) oleh Mahkamah Konstitusi (MK) Kamis 27 Juni malam, aparat gabungan TNI-Polri belum berencana melepaskan kawat berduri dan barikade pagar beton di depan Gedung MK, Gedung Bawaslu, dan Gedung KPU.

“Putusan MK baru kemarin, masih ada penetapan selanjutnya. Setelah hasil penetapan kita akan lihat perkembangan situasinya,” kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan saat dihubungi di Jakarta seperti dikutip Antaranews, Jumat (28/6/2019).

Menurutnya, situasi dinilai belum cukup aman untuk melepaskan kawat berduri dan barikade pagar beton terlebih pada siang tadi ada unjuk rasa di Komnas HAM. “Nanti kita tunggu sampai penetapan (KPU) hari Minggu. Kita lihat perkembangan masyarakat,” ujar Harry.

Baca Juga: Pasca-Putusan Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Masih Dijaga Ketat 

Lebih lanjut, ia mengingatkan bahwa masih ada sidang sengketa pemilu legislatif yang juga harus diperhatikan pengamanannya. Sehingga belum bisa dipastikan kapan kawat berduri dan barikade pagar beton akan dilepas.

 MK

Sementara itu, berdasarkan pantauan di lapangan pada Jumat siang, barikade kawat berduri dan beton masih terpajang di ketiga lokasi tersebut. Di depan Gedung MK, penempatannya memakan hampir separuh badan Jalan Medan Merdeka Barat. Kendaraan pribadi yang melintas hanya bisa menggunakan dua dari tiga jalur yang tersedia.

Sedangkan petugas kepolisian dari satuan Brimob dan Sabhara tampak masih berjaga di dalam dan sekitar gedung MK. Sejumlah truk polisi dan ambulans juga terparkir di sisi samping kanan dan kiri gedung.

Baca Juga: Prabowo Bubarkan Koalisi Indonesia Adil Makmur 

Sementara di Gedung Bawaslu, barikade beton dibalut kawat berduri masih terpasang di lajur lambat Jalan MH Thamrin melingkari akses masuk dan keluar kendaraan menuju gedung. Puluhan personel Brimob masih berjaga di area pengamanan tamu masuk, area ruang sidang, dan beberapa titik lainnya di Gedung Bawaslu.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini