nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penasihat Hukum Taufik Kurniawan Analisa Vonis 6 Tahun Penjara

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 15 Juli 2019 21:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 15 512 2079296 penasihat-hukum-taufik-kurniawan-analisa-vonis-6-tahun-penjara-q91bRKQaDf.jpg Wakil Ketua DPR Nonaktif Taufik Kurniawan (foto: Okezone)

SEMARANG – Wakil Ketua DPR RI nonaktif Taufik Kurniawan terlihat cukup tegar menghadapi vonis enam tahun penjara yang dijatuhkan kepadanya. Dia bersama tim penasihat hukum akan mempelajari dan menganalisa putusan hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang itu.

“Nanti dari penasihat hukum mohon waktu untuk menganalisis dan mempelajari lebih lanjut (menanggapi putusan hakim),” kata Taufik kepada wak media usai persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (15/7/2019).

Baca Juga: KPK Belum Putuskan Banding atas Vonis 6 Tahun Penjara Taufik Kurniawan

Taufik Kurniawan

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengaku menghormati putusan hakim. Meskipun, selain hukuman badan, dia juga diganjar hukuman berupa membayar denda sebesar Rp200 juta yang jika tidak dibayarkan harus diganti dengan kurungan selama empat bulan.

“Saya menghormati proses hukum yang berjalan. Saya menghormati Pak Hakim dan Jaksa semuanya. Untuk materi materi hukum tentunya saya serahkan sepenuhnya kepada kuasa hukum. Tadi sudah disampaikan akan melakukan pikir-pikir,” terangnya.

Dalam pertimbangannya, hakim menyatakan terdakwa terbukti menerima fee dengan total Rp4,85 miliar. Fee sebanyak itu masing-masing terbagi atas pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Kebumen yang bersumber dari perubahan APBN 2016 sebesar Rp3,65 miliar dan pengurusan DAK untuk Purbalingga yang bersumber dari perubahan APBN 2017 sebesar Rp1,2 miliar.

Hakim juga memerintahkan terdakwa untuk membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp4,2 miliar. Sisa uang pengganti kerugian negara telah dibayarkan oleh saksi Wahyu Kristianto sebesar Rp600 juta. Uang pengganti kerugian negara tersebut akan diperhitungkan dengan uang yang sudah dititipkan terdakwa melalui Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: Divonis 6 Tahun Penjara, Taufik Kurniawan Pasrah


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini