nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

14 Nama Ini Dinilai Potensial Jadi Calon Bupati Sumenep

Syaiful Islam, Jurnalis · Selasa 16 Juli 2019 17:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 07 16 519 2079728 14-nama-ini-dinilai-potensial-jadi-calon-bupati-sumenep-1TXRWFyNVR.jpg Ilustrasi

SURABAYA - Sebanyak 14 nama dinilai berpotensi menjadi calon Bupati Sumenep, Jatim pada pilkada serentak 2020 nanti. Mereka berasal dari berbagai latar belakang mulai politisi, birokrat, pengusaha hingga kiai.

Hal tersebut berdasar hasil survei terbatas pada kalangan pesantren yang ada di Kabupaten Sumenep. Survei sendiri dilakukan Santri Politika, sebuah lembaga kajian dan riset.

Ke-14 nama tersebut meliputi Achmad Fauzi, Imam Idafi, KH Amiruddin Nahrawi, Achsanul Qosasi, Nyai Hj Dewi Kholifah, Fattah Yasin, Nyai Hj Nurfitriana Busyro Karim, KH Imam Hasyim, KH Ilyasi Siraj, KH Moh Unais Ali Hisyam, dan Malik Effendi.

Disusul KH Muhammad Shalahuddin (Gus Mamak), Novi Sujatmiko, dan KH A Pandji Taufiq. Semuanya memiliki kans yang hampir sama, mengingat masih ada waktu beberapa bulan lagi menjelang pendaftaran.

Ilustrasi

Baca Juga: JK: Anak Muda Sukses Berbisnis Jangan Didorong Jadi Menteri

Baca Juga: Wagub DKI Masih Kosong, Mendagri: Tak Ada Kewenangan Memaksa

Peneliti Santri Politika, Moh Ridwan, menjelaskan tingkat pengenalan atau popularitas mereka sangat tinggi. Mereka juga memang sama-sama mempunyai potensi dan kans kuat. Ke-14 nama itu muncul berdasar hasil rangkaian survei terbatas di kalangan pesantren.

"Nama-nama itu muncul berdasar kapabilitas, performa dan kans mereka. Dinamikanya masih dinamis. Nanti juga sangat bergantung tiket dari partai politik," papar Moh Ridwan, Selasa (16/7/2019).

Ia menambahkan, dalam tiga bulan ke depan Santri Politika akan melakukan survei terkait persepsi atau penilaian kalangan pesantren atau santri terhadap nama-nama tersebut. Ini dilakukan untuk mengukur popularitas dan elektabilitas mereka di kalangan santri.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini