nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mahasiswi Meninggal saat Diksar, Mapala UMI Bantah Jadi Penyelenggara

Herman Amiruddin, Jurnalis · Rabu 17 Juli 2019 15:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 17 609 2080133 mahasiswi-meninggal-saat-diksar-mapala-umi-bantah-jadi-penyelenggara-dp5sBdw4i9.jpg Mahasiswi Fakultas Teknik UMI meninggal saat ikuti diksar. (Ist)

MAKASSAR – Pengurus harian Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar angkat bicara terkait meninggalnya salah satu mahasiswi Fakultas Teknik UMI saat mengikuti pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar).

Mapala UMI Makassar mempertegas Widya Krisnawati (19) mahasiswi Fakultas Teknik UMI yang meninggal dunia saat mengikuti Diklatsar di Desa Tompobulu Dusun Masale, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, itu bukanlah kegiatan yang diadakan Mapala UMI.

 

"Kami tegaskan bahwa itu bukan Mapala UMI karena persepsi sebagian orang-orang yang ada di luar menganggap itu adalah Diklatsar kami yang dilakukan Mapala UMI Makassar," kata Ketua Umum Mapala UMI Makassar Bahrun, kepada Okezone, Rabu (17/7/2019).

Kata Bahrun, beberapa media online tidak menuliskan secara detail siapa yang membuat acara Diklatsar tersebut. Bahkan ada media yang menyebut itu adalah Diklatsar SAR UMI, yang menjadi perdebatan saat ini. Padahal kata Bahrun, di lingkup UMI tidak ada UKM SAR UMI seperti yang diberitakan. 

Ilustrasi (Shutterstock)

"Semua orang di luar kampus bertanya-tanya dengan kasus ini. Karena berita yang ditulis tidak jelas siapa yang melakukan kegiatan apalagi kegiatan yang dilakukan hampir dengan sama dengan kegiatan kami. Semoga tidak menimbulkan persepsi lain di masyarakat, anggapan masyarakat di luar yang melakukan kegiatan itu anak Mapala UMI. Kami juga kan merasa risih dan pasti kesal," ujar Bahrun.

Lebih lanjut ia mengatakan, mahasiswi yang meninggal itu bukanlah anggota dari Mapala UMI Makassar. Sebab saat ini Mapala UMI sendiri belum melakukan kegiatan Diklatsar.

Mapala UMI saat ini sedang sibuk mengurus pendidikan lanjutan anggota muda dan pengambilan Nomor Registrasi Anggota.

"Kami biasanya melakukan kegiatan Diklatsar dua tahun sekali dan itu diselenggarakan pada Maret kemarin dan dukungan penuh dari pihak birokrasi kampus, sehingga yang meninggal itu bukan anak Mapala UMI Makassar," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan mahasiswi UMI Makassar, Widya Krisnawati (19), asal Kabupaten Wajo, meninggal setelah mengikuti pendidikan dan latihan dasar (Diklatsar) yang digelar lembaga kemahasiswaan yang ada di lingkup Fakultas Teknik UMI. Mahasiswi itu mengembuskan napas terakhirnya saat mengikuti Diklatsar di Dusun Masele Desa Tompobulu, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulsel.

Ilustrasi (Shutterstock)

Kapolsek Tompobulu Iptu Aswan Habi mengatakan mahasiswi tersebut meninggal dunia setelah diduga kelelahan akibat mengikuti Diklatsar yang dilakukan seniornya.

"Yang bersangkutan sedang melaksanakan kegiatan Diklatsar. Awal kegiatannya berlangsung di Kecamatan Camba dan pada 12 Juli baru menuju ke beberapa desa di Kecamatan Tompobulu," ujar Aswan, Selasa, 16 Juli 2019.


Baca Juga : Mahasiswi UMI Makassar Meninggal saat Ikuti Diksar

Aswan menjelaskan, awalnya korban ditemukan temannya sedang terbaring di tanah. Kemudian korban dibangunkan oleh temannya yang bernama Helni. Sesaat kemudian, korban kembali tidur karena merasa sesak hingga akhirnya mengembuskan napas terakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini