nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemprov DKI Akan Galakkan Penanaman Tumbuhan Lidah Mertua demi Kurangi Polusi Udara

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 21 Juli 2019 18:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 21 338 2081702 pemprov-dki-akan-galakkan-penanaman-tumbuhan-lidah-mertua-demi-kurangi-polusi-udara-7lzG06VsEf.jpg Tanaman Lidah Mertua (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggalakkan penanaman tumbuhan lidah mertua (sansevieria trifasciata) untuk mengurangi polusi di Ibukota. Rencananya, di setiap ruang terbuka hijau akan ditumbuhi tanaman hias tersebut.

Kepala Dinas Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Darjamuni menilai tanaman lidah mertua mempunyai manfaat untuk mengurangi polusi. Ia menyatakan nantinya setiap kantor suku dinas dan wali kota menjadi percontohan dari proyek tersebut.

"Lidah Mertua yang paling efektif untuk menyerap polutan dari emisi kendaraan," ujar Darjamuni saat dihubungi, Minggu (21/7/2019).

Lidah Mertua

Baca Juga: Pemprov DKI Diimbau Hati-Hati Undang Pembicara untuk Mengisi Acara Keagamaan

Saat ini, kata dia, pihaknya juga sedang giat melakukan identifikasi untuk pengembangan tanaman yang memiliki manfaat dalam mengurangi polusi udara.

"Tanaman yang memiliki manfaat mengurangi polusi udara nantinya akan di simpan di atap-atap gedung," katanya.

Darjamuni meminta kepada seluruh gedung-gedung di Jakarta untuk turut serta mensukseskan proyek penanaman tanaman lidah mertua.

"Kita enggak bisa melaksanakan sendiri, karena jumlah anggarannya lebih dari dua ratus juta itu semua sudah termasuk wall garden," ujarnya.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini