nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Kakek Terseret Arus Sungai saat Tolong 3 Cucunya Tenggelam

Herman Amiruddin, Jurnalis · Senin 22 Juli 2019 10:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 22 609 2081851 viral-kakek-terseret-arus-sungai-saat-tolong-3-cucunya-tenggelam-3vXeQnKYjB.jpg Viral video kakek di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, selamatkan tiga cucunya yang tenggelam. (Foto: Facebook Fajri Enterteimen)

TAKALAR – Empat orang yang terdiri satu kakek dan tiga cucunya, asal Kampung Kalemandalle, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, jatuh ke sungai. Mereka jatuh diduga saat sedang mencari ikan.

Warga yang mengetahui satu keluarga itu jatuh ke sungai dan tenggelam. Selanjutnya mereka beramai-ramai melakukan pencarian.

Baca juga: Viral Curhatan soal Pelacuran Tuai Kecaman Warga Bali 

Saat proses pencarian berlangsung, ada di antara warga yang mengabadikan lewat video. Lalu rekaman berdurasi 2 menit 16 detik pada Minggu 21 Juli 2019 itu diunggah oleh akun Fajri Entertainmen ke Grup Facebook Makassar hingga menjadi viral.

Dalam video viral yang beredar, terlihat ratusan warga berada di bibir sungai lokasi para korban tenggelam, tepatnya di sungai perbatasan Desa Tamasaju dengan Desa Bontosunggu, Kecamatan Galesong Utara, Kabupaten Takalar.

(Foto: Fajri Enterteimen)

Terlihat pula dalam tanyangan video itu seorang wanita yang merupakan ibu korban. Dia teriak histeris lantaran tidak kuasa menahan rasa panik yang mendalam saat mengetahui anaknya tenggelam.

Proses pencarian yang dilakukan anggota Polsek Galesong bersama warga berbuah hasil. Satu per satu korban berhasil dievakuasi.

Baca juga: Viral Anak Didorong Berujung Keributan Para Orangtua 

Keempat korban berhasil dievakuasi. Selanjutnya petugas kepolisian melakukan pemeriksaan dan identifikasi.

Dari hasil pemeriksaan, tiga korban dinyatakan meninggal dunia, sedang satu lainnya selamat. Ketiga korban meninggal langsung disemayamkan di rumah duka. Sedangkan satu yang selamat dilarikan ke Puskesmas Bontolebang, Takalar.

Kapolres Takalar AKBP Gany Alamsyah mengatakan satu orang yang masih hidup secepatnya mendapat tindakan medis. "Empat dari korban sekeluarga itu, tiga di antaranya meninggal dunia, dan satu selamat," katanya, Senin (22/7/2019).

Ia menyebut dari hasil identifikasi korban yang meninggal dunia, tiga korban meninggal masing-masing bernama Syamsuddin (50), kemudian dua anak laki-laki berusia 8 tahun Radit dan Akbar. Sedang korban selamat Farhan alias Faang (8).

Baca juga: Perempuan Ini Alami Penyakit Aneh, Kulitnya Bersisik dan Butuh Biaya Pengobatan 

Empat korban merupakan satu keluarga yang tercatat sebagai warga Kalemandalle, Kecamatan Bajeng, Kabupaten Gowa.

Gany menerangkan, musibah itu bermula saat Syamsuddin Daeng Lebang mencari ikan bersama tiga bocah yang merupakan cucunya.

(Foto: Fajri Enterteimen)

"Jadi keempat korban saat sedang mencari ikan tiba-tiba salah satu cucunya kecebur ke sungai yang diperkirakan kedalamannya 3 meter. Melihat kejadian itu, warga dengan cepat menolongnya," kata Gany.

Hanya saja saat Syamsuddin merangkul ketiga cucunya yang memiliki beban berat, turut diseret derasnya arus sungai. Seketika kempatnya tenggelam. Warga yang mengetahui adanya korban tenggelam langsung beramai-ramai melakukan pencarian.

Baca juga: Viral Aksi Pencuri Modus Pecah Kaca Terekam, Netizen Malah Kesal dengan si Perekam 

Tidak lama berselang anggota Polsek Galesong tiba di lokasi dan langsung melakukan pencarian dengan menyisir sungai lokasi para korban hanyut. Keempat korban pun berhasil ditemukan. Namun, tiga korban meninggal dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini