nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jalan Kaki Wonogiri-Jakarta, 4 Pegiat Literasi Ingin Temui Jokowi Kampanyekan Gemar Membaca

Bramantyo, Jurnalis · Kamis 25 Juli 2019 11:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 07 25 512 2083358 jalan-kaki-wonogiri-jakarta-4-pegiat-literasi-ingin-temui-jokowi-kampanyekan-gemar-membaca-qwp61cXSKw.jpg 4 Pemuda Pegiat Literasi Asal Wonogiri Singgah di Keraton Kesunanan Surakarta (foto: Bramantyo/Okezone)

SOLO - Empat orang pemuda penggiat literasi asal Wonogiri punya cara unik untuk mengkampanyekan ajakan pada masyarakat agar gemar membaca dengan berjalan kaki menempuh jarak sejauh 578 Km ke Jakarta.

Keempat pemuda penggiat literasi asal Wonogiri ini diantaranya Wahyudi, Pancoko (Mas Koko), Triyoni (Ryon) dan Agus Mursidi (Rembang) ini rela meninggalkan pekerjaan mereka untuk menyuarakan kembali gerakan gemar membaca.

4 Pemuda Pegiat Literasi asal Wonogiri Singgah di Keraton Kasunanan Surakarta (foto: Bramantyo/Okezone) 

Pantauan Okezone, setelah berjalan sehari semalam, empat pemuda yang membawa tas ransel serta bendera merah putih ini singgah di Keraton Kasunanan Surakarta.

Baca Juga: Masyarakat Diminta Pahami 6 Jenis Literasi 

Kedatangan tak terduga keempat pemuda penggiat literasi di Kraton Kasunanan, mengejutkan Pengageng Sasana Wilapa Keraton Surakarta yang juga putri Pakubuwono XII GKR Wandansari Koes Moertiyah atau Gusti Mung.

Setelah mendapatkan penjelasan dari keempat pemuda ini putri raja Keraton Kasunanan ini pun mengaku sangat terharu melihat tekad dan perjuangan dari keempat pemuda ini.

Koordinator penggiat literasi, Wahyudi mengatakan, dirinya berangkat dari Wonogiri, pada Selasa 23 Juli 2019 sekira pukul 13.00 WIB ini menargetkan tiba di Jakarta sebelum 17 Agustus 2019.

Rute yang mereka tempuh adalah jalur Utara. Untuk menghemat tenaga, keempatnya, kata Wahyudi memutuskan selalu berhenti di setiap 30 Km.

"Kami tak hanya sekedar beristirahat. Di setiap istirahat, kami akan melakukan kegiatan literasi, baik itu diskusi, mendongeng atau yang lainnya," ucap Wahyudi kepada Okezone, saat beristirahat di Sekertariat Lembaga Dewan Adat Keraton, Rabu (24/7/2019).

4 Pemuda Pegiat Literasi asal Wonogiri Singgah di Keraton Kasunanan Surakarta (foto: Bramantyo/Okezone)	 

Menurut Wahyudi, cita-cita mereka, saat berada di Jakarta, selain bertemu dengan penggiat literasi dari berbagai kota di Jakarta dan sekitarnya untuk membahas 'Free Cargo Literasi', mereka bercita-cita bisa bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi apa yang kami diskusikan dengan penggiat literasi lainnya, akan kami serahkan pada Presiden RI, agar program Free Cargo Literasi dapat dilanjutkan untuk mendukung kegiatan membaca masyarakat di seluruh pelosok Nusantara," urainya.

Dalam perjalannya mereka juga melakukan kampanye mengurangi penggunaan plastik dengan memperkenalkan peralatan makan mulai dari gelas, sendok, garpu dan pisau terbuat dari bambu yang ramah lingkungan.

Selain itu mereka juga melakukan penggalangan dana untuk taman baca, pustaka bergerak, dan komunitas literasi yang ada di Wonogiri dengan berjualan kaos.

Baca Juga: Secercah Harapan dari Taman Pendidikan Alquran di Kebon Sayur 

4 Pemuda Pegiat Literasi asal Wonogiri Singgah di Keraton Kasunanan Surakarta (foto: Bramantyo/Okezone)

Sementara itu Putri PB XII yang juga Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Kasunanan Gusti Mung sangat mendukung upaya keempat pemuda ini menumbuhkan kembali gerakan gemar membaca dengan cara mereka yaitu dengan berjalan kaki menuju Jakarta.

Sebab, apa yang dilakukan keempat pemuda ini,kata Gusti Mung, secara tidak langsung menjadi obor semangat bagi generasi muda.

"Terus terang saya sangat mendukung apa yang dilakukan keempat pemuda ini. Meskipun saat mereka singgah di sini (Kraton) saya terkejut, tadi setelah mendengar tekad mereka, saya terharu. Ini bagus banget, karena untuk kebaikan. Dan ini untuk menyemangati generasi muda. Menyatukan semua komponen masyarakat bisa tergugah," tutur Gusti Mung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini