nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Senang Gibran & Kaesang Jadi Kandidat Calon Wali Kota Solo

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Jum'at 26 Juli 2019 18:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 07 26 512 2084089 jokowi-senang-gibran-kaesang-jadi-kandidat-calon-wali-kota-solo-znviy5T1dZ.jpg Presiden Joko Widodo bersama keluarganya

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku telah mengetahui bahwa kedua putranya Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangaraep masuk dalam survei calon Wali Kota Solo periode 2020-2025.

Bahkan, dari hasil survei tersebut tingkat popularitas bos Markobar mengimbangi Wakil Wali Kota Solo, Achmad Purnomo.

"Ya tadi malam saya baca, surveinya saya baca. Ya saya senang saja. Mereka ini anak-anak mandiri, mau bisnis ya silakan, mau jualan pisang silakan. Jualan martabak silakan. Saya enggak pernah melarang. Mau dipolitik juga silakan," kata Jokowi di Seribu Rasa, Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Jokowi meminta media menanyakan langsung soal tingginya popularitas Gibran kepada putra sulungnya tersebut. Dia tak ingin berkomentar banyak soal survei yang dilakukan Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Selamat Riadi (Unsri) itu.

"Enggak tahu saya. Tanyakan saja ke anaknya langsung," imbuhnya.

Kaesang dan Gibran

Ia mengaku hanya bisa mendukung apapun keputusan Gibran nantinya apakah akan mencalonkan diri sebagai Wali Kota Solo atau memilih fokus dengan usahanya di bidang kuliner.

"Orang tua tuh bisanya hanya itu. Kalau sudah diputuskan anak-anak, ya apapun. Jualan pisang saya dukung, jualan martabak juga saya dukung," tandasnya.

Selain Gibran, putra bungsu Jokowi, Kaesang Pangarep, juga masuk dalam bursa tersebut. Kemudian, dengan angka yang sama juga muncul nama Achmad Purnomo. Sebagaimana diketahui, saat ini Achmad Purnomo menjabat sebagai Wakil Wali Kota Surakarta mendampingi Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo.

Baca Juga: Gibran dan Kaesang Masuk Figur Potensial Calon Wali Kota Solo 2020

Baca Juga: TKN Dibubarkan, Jokowi: Pemilu Sudah Selesai!

"Di urutan ketiga adalah Kaesang dengan persentase popularitas 86 persen dan di urutan keempat ada nama Teguh Prakosa yang merupakan Ketua DPRD Kota Surakarta dengan angka 49 persen," katanya.

Sementara itu, dari sisi kategori akseptabilitas, Achmad Purnomo menempati peringkat tertinggi dengan persentase 83 persen, diikuti Gibran 61 persen, dan Teguh 49 persen.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini