Ganjar Pranowo Bentuk "Kudus Baru" Usai Tamzil Kena OTT KPK

Taufik Budi, iNews.id · Selasa 30 Juli 2019 16:20 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 30 512 2085511 ganjar-pranowo-bentuk-kudus-baru-usai-tamzil-kena-ott-kpk-cJvYep2jYP.jpg Foto: Twitter Kominfo Kudus

SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bergerak cepat untuk menstabilkan roda pemerintahan di Kabupaten Kudus usai bupatinya, Muhammad Tamzil diciduk KPK. Secara khusus Ganjar memerintahkan Wakil Bupati Kudus memimpin gerakan Kudus Baru.

Mengawali gerakan Kudus Baru itu, Ganjar bahkan harus turun sendiri memimpin High Level Meeting pada Sabtu (27/7/2019) tengah malam. Rapat diikuti oleh Sekda Provinsi Jawa Tengah, Wakil Bupati Kudus, Sekda Kabupaten Kudus, dan pejabat di lingkungan Pemkab Kudus lainnya.

Foto-foto kegiatan rapat juga sempat diunggah oleh akun Twitter @diskominfokudus dan diretweet oleh @ganjarpranowo. Ganjar mengatakan rapat tersebut bertujuan untuk mendampingi Pemerintah Kabupaten Kudus agar tidak mandek walaupun Bupati Kudus sudah dijadikan tersangka KPK.

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo

"Saya meminta kepada Wakil Bupati Kudus untuk segera mengirimkan surat ke KPK, untuk meminta koordinasi supervisi pencegahan korupsi. Supaya didampingi KPK. Hari Seninnya (29/7/2019) saya juga minta Pak Bupati untuk menyelenggarakan apel dan berbicara Kudus Baru," terangnya, Selasa (30/7/2019).

Kudus Baru yang dimaksud Ganjar yakni dengan mereformasi seluruh pola pikir dan cara kerja ASN di Pemkab Kudus. Maka tidak ada lagi titik-titik rawan yang bisa memberikan kesempatan munculkan korupsi baru.

Baca Juga: Soal Tarif Jual-Beli Jabatan di Pemkab Kudus, KPK: Agak Mirip Kasus Sebelumnya

"Titik-titik rawan ini harus didampingi oleh KPK dan dibuatkan sistem informasinya, pengelolaan gratifikasinya, dan pemerintahannya," imbuhnya.

Sekadar diketahui, Bupati Kudus M Tamsil terjaring operasi tangkap tangan KPK pada Jumat 26 Juli siang. Bersamanya terdapat delapan orang lain yang turut diamankan. Mereka diduga terlibat transaksi jual-beli jabatan di lingkungan Pemkab Kudus.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini