nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Habitat Gajah Sumatera di Riau Kembali Terbakar

Banda Haruddin Tanjung, Jurnalis · Jum'at 02 Agustus 2019 02:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 02 340 2086664 habitat-gajah-sumatera-di-riau-kembali-terbakar-teiiQVxDVe.jpg Ilustrasi Gajah (foto: Okezone)

PEKANBARU - Taman Nasional Tessso Nillo (TNTN) di Kabupaten Pelalawan, Riau kembali terbakar. TNTN merupakan kawasan konservasi untuk habitat gajah Sumatera (Elephas Maxsimus Sumateranus).

Kebakaran terjadi di Desa Lubuk Kembang Bunga, Kecamatan Ukui. Tim Manggala Agni Daerah Operasi Inhu yang juga membawahi Kabupaten Pelalawan ditarik untuk memadamkan kawasan konservasi.

Baca Juga: BNPB: 6 Provinsi di Indonesia Darurat Karhutla 

"Hari ini kita bergerak di TNTN. Tapi kita lagi perbaikan alat pemadamam. Jadi mungkin nanti malam baru bisa berangkat ke TNTN," ucap Komandan Daerah Operasi (Daops) Manggala Agni Inhu Syailendra Djawar kepada Okezone, Kamis (1/8/2019).

Ilustrasi Gajah (foto: Ist) 

Dia mengatakan, manggala agni sebelumnya terkosentrasi pemadaman di Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Namun karena ada permintaan bantuan, tim manggala agni harus di geser ke taman nasional.

"Kita diminta untuk membantu pemadaman di TNTN. Pihak Balai TNTN sendiri sudah melakukan pemadaman disana selama dua hari," imbuhnya.

Kabupaten Pelalawan merupakan daerah yang paling parah kebakaran hutan dan lahan di Riau. Hari ini Kabupaten Pelalawan dikepung asap dan jarak pandang hanya 800 meter.

Baca Juga: Kabut Asap Riau, 721 Warga Pelalawan Terserang ISPA 

TNTN merupakan kawasan konservasi yang diperuntukan untuk gajah dan harimau Sumatera. Namun dalam beberapa tahun ini kawasan yang dibawah pengawasan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sering menjadi sasaran pembakaran. Lahan TNTN sudah dikapling kapling dijadikan kebun sawit bahkan sudah menjadi perkampungan. Dari 83 ribu luas TNTN lebih separuhnya sudah porak poranda. Rusaknya TNTN, membuat gajah sering turun ke perkampungan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini