BNPB Kerahkan Helikopter Padamkan Kebakaran di Gunung Arjuno

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 03 Agustus 2019 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 03 519 2087325 bnpb-kerahkan-helikopter-padamkan-kebakaran-di-gunung-arjuno-v4JwIHQyDz.jpg Helikopter BNPB memadamkan kebakaran di Gunung Arjuno. (Foto: Humas BPBD Kota Batu)

KOTA BATU – Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak Sabtu pagi ini, sekira pukul 08.00 WIB, melakukan water boombing atau pemadaman melalui udara ke lahan hutan yang terbakar di Gunung Arjuno.

Memulai penerbangan dari Lapangan Udara Abdul Rachman Saleh, helikopter dengan enam kru melakukan survei lokasi pengambilan air terlebih dahulu.

Baca juga: Kebakaran Hutan Gunung Welirang Padam, Petugas Masih Bersiaga di Lokasi 

Beberapa kali helikopter mengambil air di Waduk Selorejo yang berada di Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Setelah itu helikopter bergerak menuju Gunung Arjuno.

Kebakaran di Gunung Arjuno. (Foto: Ist)

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim mengatakan helikopter melakukan misi operasi pemadaman selama 2 jam.

Baca juga: Hutan Gunung Welirang Terbakar, Akses Pendakian Ditutup 

"Jadi terbang 2 jam, terus mendarat lagi untuk isi bahan bakar di Lanud Abdul Rachman Saleh. Helikopter memuat 4 ribu liter dari kapasitas 5 ribu," ujar Rochim, Sabtu (3/8/2019).

Sementara tim gabungan dari BPBD Kota Batu dan Provinsi Jawa Timur serta instansi lainnya bergerak dari darat menuju Brak Seng kemudian ke lokasi kebakaran di Gunung Arjuno.

"Selain di udara, tim kami sebar juga di Brak Seng untuk pemadaman dengan cara mendaki ke gunungnya, serta satu tim lagi di Selorejo untuk koordinasi," ungkap Rochim.

Baca juga: BPBD Jatim Siapkan Skema Pemadaman Api di Gunung Arjuno via Udara 

Setelah beberapa kali bolak-balik mengambil air dan menyiramkannya di Waduk Selorejo menuju Gunung Arjuno, kegiatan pada pukul 14.00 WIB dihentikan.

Kebakaran di Gunung Arjuno. (Foto: Ist)

"Operasi dihentikan karena pertimbangan faktor cuaca yang mulai berkabut di lereng Arjuno," bebernya.

Baca juga: Kebakaran di Gunung Arjuno Meluas hingga 300 Hektare 

Sebelumnya pada Jumat 2 Juli 2019 sekira pukul 13.30 WIB sebuah helikopter milik BNPB tiba di Lanud Abdul Rachman Saleh. Helikopter ini datang dari Palangkaraya untuk misi pemadaman api di puncak Gunung Arjuno.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini