nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sekelompok Orang Razia Buku Berpaham "Kiri" di Gramedia Makassar

Herman Amiruddin, Jurnalis · Senin 05 Agustus 2019 11:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 05 609 2087778 sekelompok-orang-razia-buku-berpaham-kiri-di-gramedia-makassar-43PAHOBSTN.jpg Razia buku di Gramedia Makassar (Foto: ist)

MAKASSAR - Beredar video yang memperlihatkan sekolompok orang baru saja melakukan razia buku di sebuah toko buku. Dalam video itu, ada empat orang yang memegang setumpuk buku di dalam toko, diduga berbau komunis atau aliran "kiri".

Beberapa orang itu tampak memegang buku yang baru saja dirazianya, sembari menyatakan buku itu berpaham Marxisme yang salah satunya bercover muka dari Karl Marx.

Video ini beredar luas di group WhatsAap sejak malam tadi, Sabtu 3 Agustus 2019 kemarin. Lokasi razia buku itu diduga berasal dari Gramedia Trans Studio Mal Makassar, Sulawesi Selatan. Hal tersebut terdengar dari video dan dialeg beberapa orang itu saat berbicara seperti dalam video yang dilihat Okezone, Minggu 4 Agustus 2019.

Sementara potongan video itu diunggah oleh pengguna @ruslan_sikki melalui akunnya. Pengguna itu menuliskan keterangan bahwa video ini diambil pada, Sabtu, 03 Agustus 2019.

"Kami melakukan sidak ke salah satu toko buku ternama yang ada di Trans Studio Mal Makassar. Kami merazia sejumlah buku yang berisi paham MARXISM (Komunis)," tulisnya.

GM Corporate Communication Gramedia Saiful Bahri membenarkan kejadian sweeping tersebut. Ia mengaku informasi adanya razia atu sidak buku itu ia dapatkan sejak pagi tadi.

"Informasi dari teman teman di Makassar memang ada sweeeping lah buku beraliran Marxisme kata teman teman yang melakukan sweeping tersebut," katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini