nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selfie Saat Kunjungi Korban Banjir, Menteri India Dihujani Kritik

Rahman Asmardika, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 15:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 10 18 2090223 selfie-saat-kunjungi-korban-banjir-menteri-india-dihujani-kritik-dU0PQ6ovr5.jpg Foto: The Hindu.

MUMBAI - Seorang menteri India di Negara Bagian Maharashtra India mendapat kritikan luas setelah berswafoto saat melakukan pemantauan daerah-daerah yang terdampak banjir di wilayahnya.

Dengan ribuan orang masih terjebak akibat banjir di Distrik Kolhapur dan Sangli, Menteri Sumber Daya Air Maharastra, Girish Mahajan terekam dalam video tersenyum dan melambaikan tangan, dengan riang ke arah kamera saat memantau situasi banjir. Video tersebut menjadi kemudian menjadi viral dan mendorong para politisi oposisi lokal.

Pimpinan Partai Kongres Nasional (NCP) Maharastra, Jayant Patil, untuk melontarkan kritik terhadap Mahajan, seorang menteri dari Partai Bharatiya Janata (BJP), menyebutnya melakukan ‘wisata banjir’. Kritik serupa juga dilontarkan pimpinan Partai Swabhimani Paksha, Raju Shetti.

“Sangat memalukan bahwa dalam situasi kritis seperti ini, para menteri pemerintahan BJP menikmati kesembronoan seperti itu. Alih-alih berfokus pada bagaimana menyelamatkan orang-orang dari desa-desa terpencil, mereka melakukan tur di wilayah banjir," kata Shetti sebagaimana dilansir The Hindu, Sabtu (10/8/2019).

Patil yang berasal dari Islampur, Sangli, salah satu daerah yang terdampak banjir, mengatakan bahwa video itu merupakan 'contoh yang tidak menguntungkan' dari sikap apatis pemerintah. Dia mengatakan bahwa sikap seperti itu membuktikan bahwa pemerintah tidak serius berfokus pada upaya bantuan.

Kantor Mahajan membela diri dengan mengatakan bahwa video itu diambil oleh salah satu anggota tim penyelamat dengan perasaan 'bangga' dan 'rasa hormat' terhadap Mahajan karena dia secara pribadi terlibat dalam pekerjaan penyelamatan di daerah tersebut.

“Sungguh tragis bahwa Oposisi mengkritik video tersebut tanpa mencoba memahami alasan di balik pembuatan film itu. Oposisi mengecam menteri pada saat dia secara pribadi terlibat dalam pekerjaan penyelamatan dengan memasuki daerah banjir, ”demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh kantornya.

Hujan deras yang terus turun di India menyebabkan longsor dan banjir yang parah di bagian selatan India.

Sedikitnya 40 orang tewas akibat banjir di Negara Bagian Maharastra dan Karnataka pekan ini, dan lebih dari 400.000 warga terpaksa dievakuasi. Pejabat pemerintah mengatakan bahwa ratusan desa dan lusinan kota di daerah yang terkena dampak di Maharashtra dan Karnataka tanpa listrik dan air minum.

(dka)

Berita Terkait

india

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini