nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Pembongkaran Makam karena Beda Pilihan Kades, Ini Kata MUI

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 08:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 10 610 2090135 soal-pembongkaran-makam-karena-beda-pilihan-kades-ini-kata-mui-NRH34QgLHy.jpg Ilustrasi makam. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Sebuah makam di Desa Serigeni Lama, Kecamatan Kayugung, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, dibongkar dan dipindahkan karena berbeda pandangan politik dalam pemilihan kepala desa.

Menanggapi kejadian itu, Wakil Ketua Komisi Hukum dan Perundangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ikhsan Abdullah mengatakan seharusnya tindakan tersebut tidak boleh terjadi terhadap jenazah yang sudah dikuburkan.

Baca juga: Gara-Gara Beda Pilihan Kades, Makam Ini Dibongkar

"Tidak baik. Masak sudah dikubur, dibongkar, dan disuruh pindah," kata Ikhsan ketika dikonfirmasi Okezone, Sabtu (10/8/2019).

Ia menerangkan, ketika menguburkan jenazah tersebut seharusnya sudah ada kesepakatan antara pihak keluarga dengan pemilik tanah. Sebab biasanya dalam menguburkan jenazah, pihak pemilik tanah harus memberikan izin terlebih dahulu.

Baca juga: Imbas Tak Lolos Pileg 2019, 4 Makam di Takalar Dibongkar 

"Nah, artinya sejak itu sudah harus mengikhlaskan, kemudian tidak boleh lagi setelah apa pun terjadi mayat diangkat lagi, kemudian dipindah. Itu kan tidak benar," tegas Ikhsan.

Agar kejadian itu tidak terulang, Ikhsan mengimbau masyarakat dalam menguburkan jenazah di tempat yang semestinya.

"Jadi ke depan tentu hal begini harus menjadi catatan hikmah ahli waris," ujarnya.

Ilustrasi makam. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Sebagaimana diberitakan, akibat beda pilihan politik, lagi-lagi makam harus dibongkar dan dipindahkan. Pembongkaran ini terjadi di Desa Serigeni Lama, Kecamatan Kayugung, Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan.

Hal itu terjadi pada Rabu 7 Agustus 2019. Pembongkaran dilakukan lantaran keluarga almarhumah Maimunah yang makamnya dibongkar berbeda pilihan dengan pemilik lahan yang merupakan tim sukses salah satu calon kepala Desa Serigeni Lama.

1
2

Berita Terkait

Korupsi Lahan Makam

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini