nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemendikbud Gelar Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi Berdedikasi

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 15:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 12 1 2090903 kemendikbud-gelar-pemilihan-guru-dan-tenaga-kependidikan-berprestasi-berdedikasi-X8VhuGXB6h.jpg Foto: dok.Humas Kemendikbud

JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang berprestasi dan berdedikasi. “Acara pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi digelar Kemdikbud sebagai langkah konkret menyukseskan visi pemerintah yang kini berfokus pada pembangunan manusia," ujar Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Supriano saat konferensi pers di kantornya, Senayan, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Dia mengatakan seleksi akan diikuti oleh 908 guru dan tenaga kependidikan dari seluruh Indonesia. Penilaian akan dilakukan kepada peserta mulai besok, Selasa 13 Agustus 2019.

Supriano melanjutkan, 908 guru terbaik di Indonesia ini akan mengikuti proses selesksi ke dalam 28 kategori, sesuai dengan jabatan yang diemban masing-masing.

"Jadi akan ada kategori Guru SD Berprestasi, Kepala Sekolah SD Berprestasi, Pengawas SD Berprestasi, Tenaga Perpustakaan SD Berprestasi, Laboran Berprestasi, dan kategori lain sesuai fungsi dan jenjang pendidikannya. Termasuk Guru Berprestasi Sekolah Luar Biasa dan sekolah inklusif lain,” kata Supriano.

Lebih lanjut, dia menjelaskan seleksi kepada mereka tak hanya dilakukan monoton melalui tes tertulis. Dalam beberapa rangkaian kegiatan para guru dan tenaga kependidikan juga diminta membuat video aktivitasnya selama mengajar di sekolah untuk diunggah secara daring. Selain itu, ada juga aktivitas permainan dan tugas kelompok.

Menurutnya hal ini penting karena para guru di lapangan tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan hafalan. Tapi juga harus mampu memicu diskusi dan melakukan transfer ilmu pengetahuan dengan cara-cara yang kritis sekaligus menyenangkan.

“Dari aktivitas yang beragam, akan kelihatan kemampuan para guru bekerja sama, berkomunikasi, pemecahan masalah, dan literasi digital. Termasuk kedalaman pemahamannya terkait kebijakan pendidikan, perundang-undangan pendidikan, sampai rasa nasionalisme, dan cinta tanah air,” beber Supriano.

Nantinya dalam seleksi ini juga akan ditentukan pemenang juara I, II, dan III untuk semua kategori lomba. Setiap juara 1,2, dan 3, masing-masing memperoleh hadiah Rp20 juta, Rp15 jut, dan Rp10 juta. Sementara bagi peserta yang tidak memperoleh juara, akan diberikan apresiasi senilai Rp3 juta rupiah karena berstatus sebagai finalis.

“Sebagai hasil seleksi berjenjang, satu provinsi di tiap kategori mengirim satu orang. Artinya yang ikut Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi besok adalah finalis dan juara dari daerahnya masing-masing,” imbuhnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini