nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ratusan Pasukan Pemadam Dikerahkan Atasi Kebakaran Hebat di Yunani

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 14:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 12 18 2090868 ratusan-pasukan-pemadam-dikerahkan-untuk-atasi-kebakaran-hebat-di-pinggiran-athena-TnByYA1U7l.jpg Truk pemadam kebakaran Yunani diselimuti asap oranye di sebuah jalan di Kineta, sebelah barat Athena, 23 Juli 2018. (Foto: AP)

ATHENA – Kebakaran besar yang terjadi di pinggiran Ibu Kota Athena, Yunani, memaksa polisi melakukan evakuasi terhadap warga lokal. Angin kencang yang bertiup turut menjadi faktor besarnya api yang berkobar di lereng Gunung Hymettos itu.

Sekira 141 petugas pemadam kebakaran dibantu lima pesawat dan lima helikopter pemadam kebakaran melakukan upaya pemadaman melawan api. Sekretariat Jenderal Perlindungan Sipil Yunani mengatakan bahwa api mulai berkorbar menjelang dini hari di Kota Paiania, pinggiran Athena.

BACA JUGA: 50 Orang Tewas Akibat Kebakaran Hutan di Yunani

"Hari ini, jam 3:18 pagi di Paiania, Attica, di kaki Gunung Hymettos, kebakaran hutan terjadi," demikian keterangan dari sekretariat itu.

“Kami menghadapi sebuah front besar dengan api yang menjulang hingga 20 meter dan mencapai puncak gunung. Sekarang sedang dalam resesi tetapi kami masih memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan,” kata Sekretaris Jenderal Perlindungan Sipil. Nikos Hardalias kepada Skai TV sebagaimana dilansir Reuters, Senin (12/8/2019).

Pihak berwenang telah memperingatkan risiko tinggi kebakaran hutan di sebagian besar Yunani karena suhu yang meningkat dan angin kencang.

BACA JUGA: Kebakaran Hutan Yunani Dicurigai Akibat Pembakaran Disengaja

Dalam 24 jam terakhir pasukan pemadam kebakaran Yunani telah dipanggil untuk memadamkan 60 kebakaran hutan di seluruh negeri, termasuk kebakaran di Elafonissos, sebuah pulau di selatan Peloponnese, yang memaksa evakuasi para wisatawan yang berkemah.

Pada Juli 2018, desa peristirahatan Mati, dekat Athena, dilanda kebakaran hebat. Tragedi itu menewaskan lebih dari 100 orang, dengan api menelan seluruh pemukiman hanya dalam waktu 1,5 jam.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini