nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tangani 11 Kasus Karhutla, Polda Kalbar Buru Pelaku Perorangan hingga Korporasi

Ade Putra, Okezone · Senin 12 Agustus 2019 08:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 12 340 2090702 tangani-11-kasus-karhutla-polda-kalbar-buru-pelaku-perorangan-hingga-korporasi-ktS7Sfx6iD.jpg Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan. (Foto : Ist)

PONTIANAK – Semenjak ada ancaman dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mencopot pejabat tinggi Polri yang gagal mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Polda Kalbar semakin gencar mengungkap kejahatan lingkungan itu. Hingga saat ini, sudah ada 11 kasus karhutla yang ditangani.

"Dalam 2 hari ada peningkatan pengungkapan 6 kasus karhutla. Jadi sekarang ada 11 kasus yang diproses. Semua lahan yang terbakar pasti dilakukan olah TKP dan penyelidikan," kata Kepala Biro Operasional Polda Kalbar Kombes Pol Jayadi kepada sejumlah wartawan, Minggu (11/8/2019).

Ia memastikan, anggota Polri pasti menelusuri siapa pemilik lahan dan semua yang terkait karhutla ini.

"Tidak ada TKP yang disembunyikan. Ada pengungkapan 6 kasus terbaru selang 2 hari ini. Direktorat Reskrimsus 1 kasus, Polres Mempawah, Polres Bengkayang, Polres Sambas, Polres Sintang dan Polresta Pontianak yang masing-masing 1 kasus," tuturnya.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan. (Ist)

Dalam menindak tegas pelaku pembakaran hutan dan lahan, kata Jayadi, Polda Kalbar tidak ada kata kompromi. Bahkan setiap lahan yang terbakar langsung menjadi TKP untuk masuk dalam tahap penyelidikan untuk mencari para pelakunya.

"Jajaran Polda Kalbar terus memburu baik pelaku perorangan atau bahkan korporasi," katanya.

Ia juga mengungkapan, jajarannya terus berupaya menangani karhutla. “Kita sudah lakukan beberapa upaya dari Satgas Gabungan TNI, Polri dan BPBD. Satgas ini fokus terhadap 100 desa yang sudah dipetakan rawan karhutla," ucapnya.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan. (Ist)

Polda Kalbar memiliki program Operasi Bina Karuna yang meliputi seluruh wilayah kabupaten dan kota di Kalbar. "Terakhir Satgas Patroli bersama Manggala Agni," katanya.

Karhutla, kata dia, merupakan tanggung jawab semua pihak. Untuk itu, Polda Kalbar mengimbau dan mengharapkan peran masyarakat agar saling mengingatkan dan peka terhadap lingkungan sekitar.


Baca Juga : 95 Persen Karhutla di Aceh Padam Pasca-Diguyur Hujan

"Karena jika sudah ditangani oleh petugas kepolisian pasti akan dilakukan langkah penegakan hukum," tuturnya.


Baca Juga : 2 Pelaku Pembakar Lahan di Jambi Ditangkap Polisi

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini