Prabowo Harus Perhatikan 3 Syarat Ini jika Ingin Nyapres di 2024

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 07:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 12 605 2090655 prabowo-harus-perhatikan-3-syarat-ini-jika-ingin-nyapres-di-2024-CNYinwclqc.jpeg Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto (Foto: Okezone)

JAKARTA - Peluang Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto untuk kembali maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 tetap terbuka. Hal itu wajar saja, mengingat semua bisa saja terjadi dalam dunia politik.

Namun, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar, Ujang Komaruddin mengatakan, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh Prabowo jika ingin kembali mencalonkan diri sebagai presiden di kemudian hari.

Menurutnya, ada tiga syarat yang harus dipenuhi Prabowo untuk maju bertarung pada Pilpres 2024 mendatang. Ketiga syarat itu yakni antusiasme masyarakat, elektabilitas dan popularitas.

"Syaratnya adalah Pak Prabowo bisa maju ketika antusiasme masyarakat masih tinggi. Ketika popularitas dan elektabilitasnya juga masih tinggi. Tergantung pada dinamika politik jelang 2024," kata Ujang saat berbincang dengan Okezone di Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2019.

Oleh karenanya, dia mengimbau Prabowo untuk memertahankan dan menjaga beberapa syarat tersebut dari sekarang hingga 2024 mendatang.

Prabowo dan Megawati

"Sekarang Pak Prabowo lagi menjaga itu, menjaga bagaimana warga tetap mendukung, karena hari ini kan dukungan kepada Pak Prabowo masih tinggi," tuturnya.

Namun, jika menjelang 2024 nanti antusiasme masyarakat terhadap Prabowo meredup, maka Ujang menyarankan agar mantan pasangan Sandiaga Salahuddin Uno itu untuk fokus di balik layar perpolitikan Tanah Air.

"Begitu juga sebaliknya, begitu antusias masyarakat meredup, lalu popularitas dan elektabilitasnya rendah, saya rasa Pak Prabowo tidak akan maju dan lebih baik menjadi king maker," ujarnya.

(put)

Berita Terkait

Prabowo Capres

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini