Penambahan Pimpinan MPR Jadi 10 Orang Cuma soal Pragmatisme

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 15:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 12 606 2090901 penambahan-pimpinan-mpr-jadi-10-orang-cuma-soal-pragmatisme-c8AxLmFHyx.jpg Rachmawati Soekarnoputri

JAKARTA - Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra, Rachmawati Soekarnoputri menganggap usulan penambahan pimpinan MPR menjadi 10 orang sarat dengan pragmatisme.

"Kalau menurut saya, mohon maaf ini hanya bicara pragmatisme saja," kata Rachmawati di acara Forum Rekat Anak Bangsa di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (12/8/2019).

Rachmawati mengatakan, hal yang lebih penting dari penambahan kursi pimpinan MPR yakni memberi kewenangan kepada institusi tersebut supaya tidak disebut 'macan ompong.' Ia mengingatkan memperbaiki institusi MPR tak melulu bicara soal jabatan semata.

Ilustrasi

"Mau tambah berapa, tapi visi dan tupoksi MPR harus jelas. Jadi ini bukan hanya bagi pimpinan, bagi-bagi jabatan itu bukan. Tapi fungsi MPR sendiri harus jelas mengikuti mono kameral, dwi kameral, atau tri kameral. Ini enggak jelas," jelasnya.

Selain itu, Rachmawati mengatakan penghidupan kembali Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) oleh MPR tidak bisa dilakukan secara parsial. Menurut dia penghidupan GBHN tidak akan membantu menyelesaikan masalah ketatanegaraan di Indonesia.

Baca Juga: Prabowo Harus Perhatikan 3 Syarat Ini jika Ingin Nyapres di 2024

Baca Juga: KPK Segel Sejumlah Ruangan di Kementan dan Kemendag Terkait Suap Impor Bawang Putih

"Tidak bisa parsial karena kalau kita hanya mengaktifkan, sekarang pun sama saja ada amendemen ke-4 ini, nanti ada amendemen ke-5 tidak akan membantu masalah ketatanegaraan kita ke depan. Konklusi saya itu. Dan saya sudah bicara dengan pimpinam Gerindra dalam artian khusus, dan beberapa tokoh," ucap Rachmawati.

Sebelumnya, Wasekjen Partai Amanat Nasional ( PAN) Saleh Partaonan Daulay mengusulkan pimpinan MPR menjadi 10 orang. Usulan itu ditujukan agar mendinginkan perebutan kursi pimpinan MPR antarparpol.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini