nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelaku Karhutla Bakal Ditembak di Tempat Jika Bandel

Melly Puspita, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 21:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 12 610 2091045 pelaku-karhutla-bakal-ditembak-di-tempat-jika-bandel-sbF5CikReS.jpg Foto Istimewa

PALEMBANG - Kebakarannya hutan dan lahan (Karhutla) yang terus terjadi di wilayah Sumatera Selatan membuat satuan tugas sedikit kewalahan. Bahkan ke khawatiran akan terjadinya kabut asap menjadi momok menakutkan bagi masyarakat Indonesia bahkan untuk negara tetangga.

Presiden Joko Widodo sendiri sudah memberikan atensi bagi Kapolda maupun Pangdam jika jajaran tidak bisa bertindak cepat akan dilakukan pemecatan terhadap jabatan atau mutasi.

Komandan Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Dansatgas Karhutla) Sumatera Selatan, yang juga menjabat sebagai Komandan Korem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono akan melakukan tindakan tegas terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan.

 Baca juga: Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Penanganan Karhutla di Riau

Pencegahan yang dilakukan oleh Satgas Karhutla ini sudah sesuai dengan standar operasional prosedur. Tindakan tegas terhadap pelaku yang sengaja melakukan pembakaran bisa saja tembak di tempat.

“Tembak ditempat terpaksa dilakukan, itupun dilakukan sesuai dengan Standar Operasi Prosedur (SOP) yang berlaku, kita berusaha pencegahan karena dengan terjadinya Karhutla banyak merugikan masyarakat", ungkap Kolonel Ath Sonny Septiono, Senin (12/8/2019).

 Kebakaran Hutan

“Kita sudah melakukan pencegahan dengan sosialisasi dan patroli serta komunikasi dengan masyarakat di Desa-Desa yang rawan terhadap Karhutla, ini untuk menekan terjadinya kebakaran," ujar Sonny.

 Baca juga: Gubernur Kalbar Panggil 94 Perusahaan Sawit Terkait Karhutla, 6 Langsung Disegel

Satgas Karhutla terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni dan BPBD berjibaku memadamkan api bahkan tak jarang hingga larut malam. Hal ini dilakukan supaya kebakaran hutan dan lahan bisa segera diatasi.

“Selain tidak mengenal waktu libur anggota Satgas juga disiagakan untuk terus melakukan patroli hingga malam hari, ini karena api dimulai pada malam hari dan siangnya sudah membesar, untuk itu kita akan tingkatkan patroli malam hari," tutup Sonny.

 Kebakaran Hutan

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini