nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sengaja Bakar Lahan untuk Berkebun, 4 Pria Diamankan Petugas

Melly Puspita, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 13:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 15 610 2092214 sengaja-bakar-lahan-untuk-berkebun-4-pria-diamankan-petugas-beG1rjCKKu.jpeg Foto Istimewa

PALEMBANG - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI berhasil menangkap tangan 4 orang pelaku pembakaran lahan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Penangkapan ini terjadi saat tim satgas Karhutla sedang berpatroli di daerah Jejawi Kecamatan Jejawi Ogan Komering Ilir, Selasa (13/08/2019) lalu. 4 pelaku ini bernama Boski, Ali, Hamidi, dan Tukiran merupakan warga dari Lempuing OKI.

Untuk mendalami motif pembakaran, 4 pelaku tersebut kemudian dibawa ke Polsek Jejawi. Selain pelaku Polisi juga mendalami keterlibatan pemilik lahan yang dibakar.

 Pelaku Pembakar Lahan

Komandan Koramil 402-03/SP Padang, Kapten Inf Piyanto membenarkan penangkapan tersebut. Diduga para pelaku ini sengaja membakar lahan untuk dijadikan lahan perkebunan.

"Keempat warga ini tertangkap tangan, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya mereka kami limpahkan ke Polsek Jejawi, OKI," kata Kapten Piyanto kepada wartawan, Kamis (15/08/2019).

Kabupaten Ogan Komering Ilir sendiri merupakan salah satu kawasan yang rawan akan Karhutla. Menurut Kapolres Ogan Komering Ilir AKBP Donni Eka Syaputra pada tahun 2018 lalu ada 2 orang yang divonis bersalah oleh pengadilan perihal pembakaran lahan.

"Polri memiliki wewenang untuk melakukan penindakan hukum sebagai efek jera demi menyelamatkan warga lainnya dari bahaya asap yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan," ucap Donni.

Pelaku Pembakar Lahan

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini