nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Negosiasi Dilakukan untuk Bebaskan KM Mina Sejati yang Dibajak

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Minggu 18 Agustus 2019 16:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 08 18 340 2093528 negosiasi-dilakukan-untuk-bebaskan-km-mina-sejati-yang-dibajak-Vf4MbJpc0D.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Pihak kepolisian telah mengantongi laporan adanya pembajakan Kapal Motor (KM) Mina Sejati di perairan Kepulauan Aru Selatan, Maluku. Saat ini, pihak kepolisian sedang berkoordinasi dengan Badan SAR Nasional (Basarnas) untuk menuju ke KM Mina Sejati.

"Sementara kita koordinasi dengan Lanal Basarnas dan perikanan, karena jaraknya cukup jauh," kata Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Dedi Prasetyo kepada Okezone, Minggu (18/8/2019).

Berdasarkan laporan dari Polres Aru, untuk merapat ke lokasi KM Mina Sejati butuh waktu sekira 20 jam. Saat ini, sudah terdapat Kapal Republik Indonesia (KRI) yang dekat dengan KM Mina Sejati untuk melakukan negosiasi.

Baca Juga: Kronologi Pembajakan KM Mina Sejati yang Tewaskan 2 ABK di Perairan Maluku

"Yang terdekat dari lokasi adalah KRI yang berangkat, dan sekarang KRI ‎sudah berada di sekitaran kapal yang dibajak, info terakhir sedang bernegosiasi," ucapnya.

‎Diketahui sebelumnya, KM Mina Sejati dibajak oleh orang tidak dikenal yang diduga pelakunya merupakan Awak Buah Kapal (ABK). Berdasarkan laporan yang diterima oleh pihak kepolisian, pembajakan KM Mina Sejati terjadi pada Jumat, 16 Agustus 2019, sekira pukul 20.00 WIT.

Ilustrasi

Pihak kepolisian baru mendapatkan laporan tersebut pada Sabtu, 17 Agustus 2019. Pembajakan dilaporkan bermula dari pertikaian antara sesama ABK. Sebanyak sembilan ABK yang berada di KM Mina Sejati kemudian langsung menceburkan diri ke perairan Maluku.

Nahas, dua orang ABK tewas diduga kelelahan saat menyelematkan diri. Sementara tujuh ABK lainnya yang menyeburkan diri telah dilakukan proses evakuasi oleh kapal nelayan lainnya yang posisinya dekat dengan KM Mina Sejati

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini