nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tata Kelola Guru Kunci Benahi Permasalahan Tenaga Pendidik

Fahmi Firdaus , Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 14:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 08 19 1 2093801 tata-kelola-guru-kunci-benahi-permasalahan-tenaga-pendidik-aW3RO5MB6N.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Perjuangan seorang guru untuk menyalurkan ilmu kepada siswa tak bisa dipandang sebelah mata. Oleh karena itu guru dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Namun nyatanya menjadi seorang guru tak selalu berjalan dengan mulus.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy percaya ketika masalah guru dapat terselesaikan maka akan berkorelasi positif pada pendidikan secara keseluruhan.

“Mudah-mudahan pada masa Kabinet Kerja Periode II di bawah pimpinan Pak Jokowi nanti masalah guru benar-benar menjadi prioritas. Persoalan guru masih carut-marut, masih banyak yang harus dibenahi dalam banyak sisi. Tetapi kalau sebetulnya masalah guru tuntas, saya bisa sebut 70% urusan pendidikan sudah selesai,” kata Mendikbud Muhadjir Effendy pada Malam Penganugerahan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional Tahun 2019 di ballroom Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Dia mengurai sejumlah permasalahan guru di antaranya tunjangan profesi, sertifikasi guru, gaji guru honorer, dan lain sebagainya.

“Pada periode berikutnya Pemerintahan Jokowi kita tidak mungkin lagi membiarkan guru-guru honorer dengan gaji sekadarnya, tapi kita harus pikirkan itu. Sebaliknya guru-guru yang sudah dapat tunjangan profesi, pangkatnya sudah tinggi, tunjukkan dengan pangkat tinggi dan sertifikat profesi itu bahwa dia memang layak untuk mendapatkan itu karena kinerjanya jauh lebih baik dibanding guru yang belum dapat sertifikat,” jelas Mendikbud Muhadjir.

Mendikbud percaya untuk melakukan penuntasan masalah guru, kuncinya pada tata kelola guru.

“Tidak mungkin kita melakukan penataan menyeluruh tanpa ada perubahan-perubahan radikal di dalam tata kelola guru. Saya sarankan pada Pak Dirjen GTK, siapapun menterinya di Kemendikbud supaya tata kelola guru periode ke depan harus ditangani dengan sungguh-sungguh. Saya yakin kalau itu tuntas, 70% urusan pendidikan akan selesai,” tutup Mendikbud.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini