nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Donald Trump Mengakui Ingin Beli Greenland

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 13:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 18 2093774 donald-trump-mengakui-ingin-beli-greenland-ANdBkpLzca.jpg Presiden AS Donald Trump. Foto/Reuters

WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Minggu mengakui minatnya untuk membeli Greenland, tetapi mengatakan itu bukan prioritas bagi pemerintahannya.

"Ini sesuatu yang kita bicarakan," kata Trump mengutip AFP, Senin (19/8/2019).

"Konsepnya muncul dan saya katakan dengan pasti, secara strategis itu menarik, tetapi kami akan berbicara dengan (Denmark)," katanya mengutip AFP.

Ia menekankan bahwa itu pembelian Greenland bukan prioritas nomor satu pemerintahannya.

Baca juga: Greenland Tidak Dijual, Trump Disebut Gila

Foto/Reuters

Media Wall Street Journal yang pertama kali melaporkan menyebut, Trump meminta para pembantunya dan penasihat Gedung Putih untuk melihat kemungkinan membeli pulau terbesar di dunia Greenland, yang masuk dalam otonom Kerajaan Denmark.

Donald Trump yang merupakan pengusaha real estat, ingin tahu tentang sumber daya alam dan relevansi geopolitik di kawasan itu.

Ketika ditanya apakah dia akan mempertimbangkan untuk memperdagangkan wilayah AS untuk Greenland, Trump menjawab, "Pada dasarnya, ini adalah kesepakatan real estat yang besar"

"Ini sangat merugikan Denmark karena mereka kehilangan hampir USD700 juta (Rp9,9 triliun) dan bagi Amerika Serikat, itu akan menyenangkan," tambahnya.

Kementerian Luar Negeri Greenland, bersikeras pulau tetapi tidak dijual. "Kami terbuka untuk bisnis, bukan untuk dijual," tambahnya.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini