nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Greenland Tidak Dijual, Trump Disebut Gila

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Sabtu 17 Agustus 2019 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 17 18 2093193 greenland-tidak-dijual-trump-disebut-gila-07EXPuFStr.jpg Greenland. Foto/Reuters

COPENGHAGEN – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah menyatakan minatnya untuk membeli Pulau Greenland, tetapi Denmark menganggap ide itu bercanda dan orang-orang Greenland mengatakan bahwa pulau mereka tidak dijual.

Menurut Wall Street Journal, Trump meminta para pembantunya dan penasihat Gedung Putih untuk melihat kemungkinan membeli pulau terbesar di dunia, yang masuk dalam otonom Kerajaan Denmark.

"Kami terbuka untuk bisnis, tetapi Greenland tidak dijual," kata menteri luar negeri Greenland Ane Lone Bagger mengutip Reuters, Sabtu (17/8/2019).

Trump akan mengunjungi Kopenhagen, ibu kota Denmark pada September tahun ini.

Foto/Reuters

Baca juga: Lautan Es di Greenland Meleleh, Peneliti Peringatkan Dampaknya ke Dunia

Pembicaraan pembelian Greenland pertama kali dilaporkan oleh Wall Street Journal. Dua sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa gagasan itu ditertawakan oleh beberapa penasihat karena menganggapnya sebagai lelucon tetapi dianggap serius oleh sebagian lainnya di Gedung Putih.

Politisi Denmark mencerca ide pembelian Greenland.

Trump Disebut Gila

“Itu pasti lelucon April Mop, ”kata mantan perdana menteri Lars Lokke Rasmussen, Denmark di Twitter.

Sedangkan Juru bicara urusan luar negeri dari Partai Rakyat Denmark, Soren Espersen mengatakan Trump perlu merenungkan pembelian pulau tersebut.

"Jika dia benar-benar merenungkan hal ini, maka ini adalah bukti terakhir, bahwa dia sudah gila," ujar.

"Pemikiran Denmark menjual 50.000 warga ke Amerika Serikat benar-benar konyol," katanya.

Greenland, wilayah yang mengatur pemerintahannya dari Denmark yang terletak di antara Atlantik Utara dan samudra Arktik, bergantung pada dukungan ekonomi Denmark.

Delapan puluh persen dari 2,16m km Greenland tertutup es, dan 56.000 penduduknya terkonsentrasi terutama di sekitar garis pantai dan di Nuuk, ibu kota Greenland.

(fzy)

Berita Terkait

Denmark

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini