nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Jamin Keamanan Warga Papua di Kota Malang

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 20:05 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 19 519 2093992 polisi-jamin-keamanan-warga-papua-di-kota-malang-9Ci2IZJKwF.jpg Wakapolres Malang Kota, Kompol Arie (foto: Avirista/Okezone)

KOTA MALANG - Pasca insiden bentrokan di Malang dan beberapa wilayah di Papua, polisi menjamin keamanan seluruh masyarakat Papua yang ada di Kota Malang.

Wakapolres Malang Kota Kompol Arie Trestiawan memastikan, pengamanan kepada masyarakat Papua yang ada di Kota Malang. Ia pun meminta warga Papua tetap beraktivitas seperti biasanya.

"Kami pastikan situasi meski di Papua sedang gaduh, warga Papua di Malang tetap aman. Mereka bisa beraktivitas seperti biasanya," ujar Arie Trestiawanm kepada wartawan, Senin (19/8/2019).

 Baca juga: Demo Papua Meluas, Kericuhan Sempat Terjadi di Bandara dan Lapas Sorong

Pihaknya juga membantah bila pada insiden bentrokan pada Kamis 15 Agustus 2019 lalu ada mahasiswa Papua yang ditahan. Justru menurut Arie polisi sengaja mengamankan mahasiswa Papua lantaran persekusi oleh warga Kota Malang.

"Mereka semua sudah dikembalikan ke rumah masing-masing, tidak ada yang ditahan," tegasnya.

Arie menjelaskan, insiden bentrokan yang melibatkan warga setempat dengan sejumlah mahasiswa Papua di Malang, lantaran massa yang menamakan diri Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) dihadang warga saat tengah menuju Bundaran Tugu, Kota Malang, untuk melakukan aksinya.

 Baca juga: Kerusuhan di Manokwari, Jokowi: Emosi Boleh, tapi Memaafkan Lebih Baik

Pada aksi ini sempat terjadi aksi bentrokan yang dibumbui aksi saling lempar batu antara warga dengan sekelompok mahasiswa Papua tersebut.

 

Polisi sendiri akhirnya berhasil memukul mundur kedua massa yang terlibat bentrokan. Guna mengamankan sekelompok mahasiswa asal Papua, polisi membawanya menggunakan truk milik Polres Malang Kota.

Akibat bentrokan ini sendiri setidaknya lima orang baik dari mahasiswa Papua, warga sekitar, maupun kepolisian mengalami luka - luka dan dilarikan ke RSUD Saiful Anwar.

(wal)

Berita Terkait

papua

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini